USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PAI DI SD MUHAMMADIYAH NGIJON I TURGENEN SUMBERAGUNG MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA

KHOIRUL ZAKI NIM 03470567, (2009) USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PAI DI SD MUHAMMADIYAH NGIJON I TURGENEN SUMBERAGUNG MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PAI DI SD MUHAMMADIYAH NGIJON I TURGENEN SUMBERAGUNG MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (734kB) | Preview
[img] Text (USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PAI DI SD MUHAMMADIYAH NGIJON I TURGENEN SUMBERAGUNG MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Untuk menjalankan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan, di sekolah terjadi proses belajar mengajar yang dijalankan oleh para siswa dan mengajar dilakukan oleh guru. Dalam proses belajar mengajar guru harus bisa membangkitkan minat belajar siswa pada pelajaran tersebut. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi belajar seseorang adalah minat. Minat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil dan proses belajar siswa. Dengan adanya minat siswa akan aktif dalam belajar. SD Muhammadiyah Ngijon I merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mengoptimalkan proses kegiatan pembelajaran dan bimbingan. Oleh karena itu guru PAI terus berupaya danâ€Âbekerja secara ektra†agar proses belajar mengajar yang terjadi bisa lebih optimal. Dengan berbagai usaha yang dilakukan diharapkan siswa tersebut bisa memiliki minat terhadap pelajaran PAI dan juga siswa bisa aktif dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI ,dan siswa kelas IVA, VA, dan VIA dengan jumlah 93 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha guru dalam meningkatkan minat belajar yaitu dengan menggunakan metode belajar dan strategi belajar yang tepat, menvariasi alat peraga dan juga mengajak siswa aktif pada kegiatan kemasyarakatan. Usaha guru PAI dalam meningktakan minat belajar dapat dikatakan“baik" berdasarkan dari hasil angket penilaian siswa yang dilakukan penyebaran angket sebanyak dua kali. Untuk hasil penyebaran angket yang pertama diperoleh hasil 65,67% , kemudian dilanjutkan dengan penyebaran angket yang kedua diperoleh hasil 77,23%. Berdasarkan kedua hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa usaha guru dalam meningkatkan minat belajar PAI bisa dikatakan adanya peningkatan Faktor pendukung usaha guru dalam meningkatkan minat belajar siswa adanya kegiatan mengaji Al Qur'an atau Iqra, adanya sholat berjamaah, kultum siswa yang diikuti oleh siswa kelas V dan kelas VI, dan mengikuti lomba-lomba yang bernafaskan Islam. Faktor Penghambat usaha guru dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah jumlah siswa yang ada di kelas terlalu banyak juga materi yang akan disampaikan juga banyak jadi daya serap siswa akan pelajaran kurang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Suismanto. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru, Minat Belajar, Siswa, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 09 Aug 2012 18:35
Last Modified: 15 Mar 2017 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2946

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum