AL MAKI WA AL MADANI MIN AL HADITH AL NABAWIY (BAHTH BA'D AL AHADITH FI SAHIH AL BUKHARI MIN KITAB BAD' AL WAHY ILA KITAB AL WUDU')

Muhdlori bin Ali Achmad, NIM. 1420511009 (2017) AL MAKI WA AL MADANI MIN AL HADITH AL NABAWIY (BAHTH BA'D AL AHADITH FI SAHIH AL BUKHARI MIN KITAB BAD' AL WAHY ILA KITAB AL WUDU'). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL MAKI WA AL MADANI MIN AL HADITH AL NABAWIY (BAHTH BA'D AL AHADITH FI SAHIH AL BUKHARI MIN KITAB BAD' AL WAHY ILA KITAB AL WUDU'))
1420511009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (AL MAKI WA AL MADANI MIN AL HADITH AL NABAWIY (BAHTH BA'D AL AHADITH FI SAHIH AL BUKHARI MIN KITAB BAD' AL WAHY ILA KITAB AL WUDU'))
1420511009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (16MB)

Abstract

Studi Ilmu Pengetahuan Makiy dan Madaniy termasuk ilmu pengetahuan yang amat penting sebagaimana ilmu pengetahuan Makiyy dan Madaniy dalam ilmu Al- Qur’an. Oleh karenanya, penulis ingin menelaah tentang ilmu tersebut dari sisi Hadits Nabi  dan beberapa alasan sebagai berikut : Pertama, Ikut memberikan sumbangsih dan andil dalam memperkaya hazanah terhadap perpustakaan Islam terkhusus lagi ilmu Makiy dan Madaniy dalam hadits Nabi Muhammad . Kedua, keinginan bagi peneliti untuk selalu menambah ilmu pengetahuan khususnya ilmu hadits dan juga bagi para peneliti dalam ilmu Syari’ah pada umumnya. Dalam penelitian, ini penulis memakai metode al-istiqra’i (induktif) atau penulusuran pustaka. Penulis membagi tesis ini menjadi dua bagian: Pertama, yang berkaitan dengan teori dan pendefinisian Makiy dan Madaniy dan hal yang berkaitan dengannya, juga yang berkaitan dengan ilmu Makiy dan Madaniy dalam Al-Qur’an. Kemudian mengupas metode bagaimana mengetahui Makiy – Madaniy dalam hadits serta kaidah-kaidahnya, keunggulan-keunggulan antara Makiy dan Madaniy. Lalu mencantumkan intisari dan kesimpulan dari hadits-hadits tersebut. Adapun bagian kedua adalah yang berkaitan dengan praktek dan pengaplikasiannya. Di bagian ini penulis memilih hadits shahih Imam Al-Bukhari dari Kitab Bad’il Wahyi hingga Kitab Al-Wudhu. Kemudian menjabarkan dan menampilkan mana yang Makiy dan mana yang Manadiy. Fokus masalah pembahasan tulisan ini adalah penelitian dari hadits Makiy dan Madaniy dalam shahih Al-Bukhari dari Kitab Bad’il Wahyi hingga Kitab Al-Wudhu dan penggalian faidah hadits-hadits tersebut serta Istinbatul Ahkam Asy-Syar’iyah. Urgensi dalam penelitian ini adalah mengetahui Mutaqaddim dan Muta`akhir dalam hadits, mampu memahami hadits dengan pemahaman yang detail, sebab pengetahuan Asbabul Wurudil Hadits membantu seorang Mufti maksud syari’ah dan Tasyri Islami, juga mampu memahami fase-fase perkembangan sejarah dakwah Rasullullah  baik di Mekkah maupun di Madinah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Suryadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: kesuasatraan arab, hadits
Subjects: Hadis
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:59
Last Modified: 14 Feb 2018 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29464

Actions (login required)

View Item View Item