PENGGUNAAN TEKNIK FINGER PAINTING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI MELUKIS DI KELAS A1 RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA

LAILATUL SHOLEHAH, NIM. 13430006 (2017) PENGGUNAAN TEKNIK FINGER PAINTING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI MELUKIS DI KELAS A1 RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN TEKNIK FINGER PAINTING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI MELUKIS DI KELAS A1 RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA)
13430006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN TEKNIK FINGER PAINTING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI MELUKIS DI KELAS A1 RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA)
13430006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah penggunaan teknik finger painting dapat meningkatkan kreativitas melukis anak usia 4-5 tahun di kelas A1 RA DWP UIN Sunan Kalijaga, (2) mengetahui kreativitas anak dalam pembelajaran seni melukis sebelum menggunakan teknik finger painting (3) mengetahui kreativitas anak dalam pembelajaran seni melukis sesudah menggunakan teknik finger painting. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang mengambil latar di RA DWP UIN Sunan Kalijaga. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung persentase hasil melukis anak mulai dari pratindakan, siklus I dan siklu II lalu mendeskripsikannya dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan teknik finger painting sebagai upaya meningkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran seni melukis dapat meningkat. (2) persentase hasil observasi kegiatan melukis pada pratindakan atau sebelum menggunakan teknik finger painting hanya diperoleh 31,25 %, (3) setelah dilakukan tindakan menggunakan teknik finger painting pada siklus I meningkat menjadi 60,54%, dan pada siklus II persentase hasil melukis anak sudah mencapai bahkan melebihi target yang ditentukan yaitu 86,32%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Finger Painting, Kreativitas, Seni Melukis
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:55
Last Modified: 14 Feb 2018 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29465

Actions (login required)

View Item View Item