TA'LIM AL NAHWI BI KITAB AL NAHWU WA AL SHARAF FI MADRASAH AL MUNAWWIR AL SALAFIYAH AL TSALITSAH KRAPYAK YOGYAKARTA

SARI RAHAYU - NIM. 04420903 , (2009) TA'LIM AL NAHWI BI KITAB AL NAHWU WA AL SHARAF FI MADRASAH AL MUNAWWIR AL SALAFIYAH AL TSALITSAH KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab An-nahwu wa as-Shorfu di Madrasah Salafiyah Tiga Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta, yaitu telaah teks dan materi yang terdapat dalam kitab tersebut, serta proses pembelajarannya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkaitan dalam proses pembelajaran nahwu khususnya bagi Madrasah Salafiyah Tiga Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta sebagai tempat dilakukannya penelitian. Penelitian ini juga mencoba menganalisis hasil pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab an-Nahwu wa as-Shorfu, penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1). Wawancara, 2). Observasi, 3). Angket. Subyek penelitiannya adalah 1). Kepala madrasah, 2). Pengajar kitab nahwu, 3). Komponen madrasah, 4). Santri. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab an-Nahwu wa as-Shorfu di Madrasah Salafiyah Tiga Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta sudah baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya kurang maksimal karena alokasi waktu yang kurang memadai dalam proses pembelajaran, sehingga penyampaian materi kurang mendalam. Dalam proses belajar mengajar seorang guru dituntut untuk lebih kreatif dan komunikatif dalam menemukan metode-metode yang dipakai pada pembelajaran nahwu. Di Madrasah Salafiyah Tiga ini tidak ada silabus tertentu yang digunakan untuk melaksanakan evaluasi dan penilaian terhadap hasil belajar santri. Akan tetapi dalam proses belajar mengajar ini pengajar nahwu masih menggunakan metode mengajar model lama dan masih tergantung kepada metode yang selama ini digunakan dalam proses belajar mengajar yakni: membaca dan menerjemahkan serta memberikan contoh yang sederhana yang mudah dimengerti oleh santri. Dalam proses pembelajaran yang baik, seyogyanya seorang pengajar atau guru dapat menggunakan waktu pembelajaran dengan tepat untuk mendalami materi tersebut, sehingga terhindar dari hal-hal yang telah dijelaskan, dan seperti yang telah kita ketahui bahwa penyampaian materi dalam kitab tersebut berada dalam waktu yang terbatas sedangkan santri sangat membutuhkan pemahaman dan pendalaman materi, maka sebaiknya pengajar atau guru dapat memanfaatkan waktu di luar jadwal yang telah ditentukan dengan cara memberikan tugas-tugas kepada santri guna untuk pendalaman materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: DR. ABDUL MUNIF, M.AG
Uncontrolled Keywords: pembelajaran nahwu, kitab An-nahwu wa as-Shorfu, Madrasah Salafiyah Tiga Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item View Item