KONSEP MANAJEMEN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( STUDI KASUS DI RA INSAN MULIA DAN TK ABA JOGODAYOH SUMBERMULYO BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA )

RIA ANNISA, NIM. 13430030 (2017) KONSEP MANAJEMEN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( STUDI KASUS DI RA INSAN MULIA DAN TK ABA JOGODAYOH SUMBERMULYO BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MANAJEMEN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( STUDI KASUS DI RA INSAN MULIA DAN TK ABA JOGODAYOH SUMBERMULYO BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA ))
13430030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MANAJEMEN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( STUDI KASUS DI RA INSAN MULIA DAN TK ABA JOGODAYOH SUMBERMULYO BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA ))
13430030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah munculnya berbagai lembaga pendidikan anak usia dini termasuk di daerah pedesaaan. Berbagai pelayanan telah dilakukan dalam mewujudkan lembaga yang berkualitas, akan tetapi dalam praktiknya menunjukkan bahwa aspek manajemen pendidikan pada berbagai tingkat dan satuan pendidikan belum mendapat perhatian yang serius, sehingga seluruh komponen sistem pendidikan kurang berfungsi dengan baik. Dalam hal ini, manajemen pendidikan merupakan alternatif strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan demikian, upaya peningkatan kualitas pendidikan harus dimulai dengan pembenahan manajemen sekolah, disamping peningkatan kualitas guru dan pengembangan sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di RA Insan Mulia dan TK ABA Jogodayoh Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut akan diambil kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan manajemen lembaga pendidikan Islam anak usia dini di RA Insan Mulia dan TK ABA Jogodayoh sudah cukup baik. Hal ini dapat diketahui dari pelaksanaan empat fungsi manajemen yakni Planning, Organizing, Actuiting, Controlling yang telah diterapkan pada tujuh komponen manajemen PAUD. Namun, ada satu hal yang belum memenuhi persyaratan sesuai dengan SNPAUD No. 137 Tahun 2014, yakni sarana dan prasarana yang kurang lengkap (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen mutu di lembaga TK/RA. Faktor pendukung, di antaranya: adanya pembagian peran dalam menggerakkan manajemen mutu di lembaga RA Insan Mulia sehingga manajerial sekolah berjalan lebih efektif, adanya upaya meningkatkan kompetensi guru melalui berbagai kegiatan seperti diksar, workshop dan pembinaan keagamaan. Faktor penghambat, di antaranya: kurangnya sumber daya manusia (pendidik) untuk menggerakkan manajemen mutu di TK ABA Jogodayoh, tidak adanya pembagian peran dalam manajerial sekolah, sehingga manajemen mutu lembaga berjalan dengan lambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Suyadi, S.Ag, M.A.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu, Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Feb 2018 09:48
Last Modified: 15 Feb 2018 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29471

Actions (login required)

View Item View Item