PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIP TK KHALIFAH SUKONANDI YOGYAKARTA

AGUS YUNI SYARA, NIM. 13430036 (2017) PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIP TK KHALIFAH SUKONANDI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIP TK KHALIFAH SUKONANDI YOGYAKARTA)
13430036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIP TK KHALIFAH SUKONANDI YOGYAKARTA)
13430036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pengintegralan nilai-nilai kewirausahaan dalam suatu kurikulum pendidikan dapat mengembangkan kemandirian anak didik, seperti halnya yang ditunjukan TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta. Sebagai lembaga PAUD yang menerapkan pendidikan berbasis entrepreneursip TK Khalifah Sukonandi telah menunjukan indikator ketercapaian pengintegralan nilai kewirausahaan kemandirian di jenjang PAUD/TK berdasarkan rancangan Pendidikan Entrepreneurship Kemandirian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang bagaimana pengembangan kemandirian anak usia dini di lembaga pendidikan berbasis entrepreneursip TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan secara umum bentuk kegiatan dalam pengembangan kemandirian anak usia dini, metode pembelajaran dalam pengembangan kemandirian anak usia dini, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kemandirian anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah kemudian ditarik kesimpulan. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, anak didik, serta orangtua anak didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Bentuk kegiatan pengembangan kemandirian anak meliputi; shalat berjamaah, toilet training, makan, bermain peran, parent day, cooking class, outing, market day, dan pesantren Khalifah. (2) Metode pembelajaran dalam pengembangan kemandirian anak meliputi; bermain, bernyanyi, bercerita, karyawisata, demonstrasi, dialog, pemberian tugas, modelling, listening, kunjungan, cooking, reward, dan pembiasaan. (3) Faktor pendukung dalam pengembangan kemandirian anak meliputi faktor internal yakni; kondisi fisiologis dan psikologis anak, serta faktor eksternal yakni; lingkungan sekolah dan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orangtua. Adapun faktor penghambatnya, dari lingkungan sekolah sendiri tidak ditemukan, melaikan dari orangtua yakni beberapa orangtua melakukan hal-hal yang seharusnya tidak lagi dilakukan pada anak dalam upaya pengembangan kemandiriannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Lailatu Rohmah, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Pendidikan Anak Usia Dini, Entrepreneurship.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Feb 2018 10:28
Last Modified: 15 Feb 2018 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29473

Actions (login required)

View Item View Item