UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERIASI ANAK MENGGUNAKAN MEDIA BENDA-BENDA SEKITAR PADA KELOMPOK A2 DI RA MASYITHOH KARANGNONGKO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017

NI’MAH KAMALA NINGRUM, NIM. 13430040 (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERIASI ANAK MENGGUNAKAN MEDIA BENDA-BENDA SEKITAR PADA KELOMPOK A2 DI RA MASYITHOH KARANGNONGKO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERIASI ANAK MENGGUNAKAN MEDIA BENDA-BENDA SEKITAR PADA KELOMPOK A2 DI RA MASYITHOH KARANGNONGKO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017)
13430040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERIASI ANAK MENGGUNAKAN MEDIA BENDA-BENDA SEKITAR PADA KELOMPOK A2 DI RA MASYITHOH KARANGNONGKO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017)
13430040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Ni’mah Kamala Ningrum, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Seriasi Anak Menggunakan Media Benda-Benda Sekitar Pada Kelompok A2 di RA Masyithoh Karangnongko Maguwoharjo Sleman Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seriasi anak pada kelompok A2 di RA Masyithoh Karangnongko Maguwoharjo Sleman Yogyakarta menggunakan media benda-benda sekitar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek anak kelas A2 RA Masyithoh Karangnongko Maguwoharjo Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 orang anak. Objek penelitiannya adalah kemampuan seriasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan Teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Masingmasing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan seriasi anak diperoleh data rendah sekitar 40%. (2) Penerapan menggunakan media benda-benda sekitar terbukti dapat meningkatkan kemampuan seriasi anak A2. Pelaksanaan penerapan menggunakan media benda-benda sekitar berhasil meningkat dari kategori rendah pada silus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. Setelah penerapan media bendabenda sekitar, terjadi peningkatan dari 70% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 90% atau naik 20% dari siklus I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Ichsan, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan seriasi, Media benda-benda sekitar.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Feb 2018 10:35
Last Modified: 15 Feb 2018 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29474

Actions (login required)

View Item View Item