EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII D SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN TAHUN 2016/2017

WILDAN NUR HAIFANI, NIM. 12420085 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII D SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN TAHUN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII D SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN TAHUN 2016/2017)
12420085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII D SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN TAHUN 2016/2017)
12420085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab, bagaimana hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab, apakah pengajaran bahasa arab di SMP Muhammadiyah 3 Depok sudah bisa dikatakan efektif atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode, obsevasi, interview, dan dokumentasi. Analis data yang digunakan adalah analisi data deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Proses Pembelajaran Bahasa Arab dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman dalam prosesnya dilakukan oleh guru dengan metode ceramah hingga menggunakan media komputer/laptop dan penggunaan proyektor. Siswa cukup antusias saat guru melakukan pengajaran menggunakan media laptop dan proyektor karena dirasa cukup menarik dan mudah dipahami. (2) Pembelajaran bahasa Arab dengan di SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman ini dikategorikan efektif. Dan memberikan implikasi positif bagi siswa, diantaranya adalah sebagai berikut; Mampu meningkatkan hasil belajar/nilai bahasa Arab, memahamkan siswa lebih dalam mengenai materi bahasa Arab yang dipelajari, menjadikan materi bahasa Arab lebih mudah dipahami, menjadikan siswa merasa ringan dalam belajar bahasa Arab, serta relevan dengan kurikulum yang berlaku saat ini dalam dunia pendidikan saat ini (kurikulum 2013).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H.Syamsuddin Asyrofi, M.M
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab, Cara pembelajaran Bahasa Arab, Hasil belajar siswa, Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Feb 2018 14:50
Last Modified: 15 Feb 2018 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29478

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum