IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDIT BAITUSSALAM PRAMBANAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017

VEBRIAN MUSTIKASARI, NIM. 13420036 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDIT BAITUSSALAM PRAMBANAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDIT BAITUSSALAM PRAMBANAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017)
13420036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDIT BAITUSSALAM PRAMBANAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017)
13420036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDIT Baitussalam Prambanan Yogyakarta Tahun Ajaran 2016-2017; dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembelajaran bahasa Arab terhadap anak berkebutuhan khusus; serta upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika yang dihadapi. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab umumnya dan khususnya pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif interaktif dengan pendekatan psikologi pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data dengan pengorganisasian data kedalam beberapa kategori sehingga dapat disajikan sesuai dengan masalah penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab bagi siswa berkebutuhan khusus di SDIT Baitussalam menerapkan model inklusi penuh dengan penambahan Guru Pendamping Khusus (GPK) dan model kurikulum dengan modifikasi. Pembelajaran bahasa Arab di SDIT Baitussalam terdiri atas tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa Arab di SDIT Baitussalam terdiri dari faktor linguistik dan non linguistik. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab di SDIT Baitussalam berkaitan dengan faktor internal dan faktor eksternal siswa ABK. Secara umum tidak ada perbedaan pelayanan bagi siswa ABK meskipun kondisi masing-masing ABK beragam. Namun secara khusus frekuensi pendampingan yang diberikan kepada ABK berbeda berdasarkan 3 kategori yaitu: kategori berat, sedang dan ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Maksudin, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Anak Berkebutuhan Khusus.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Feb 2018 08:50
Last Modified: 21 Feb 2018 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29498

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum