EKSPERIMENTASI PELATIHAN ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MUNTASYIRUL ULUM MAN 3 SLEMAN

MUSLIKHUL IBAD, NIM. 13420038 (2017) EKSPERIMENTASI PELATIHAN ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MUNTASYIRUL ULUM MAN 3 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PELATIHAN ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MUNTASYIRUL ULUM MAN 3 SLEMAN)
13420038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PELATIHAN ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MUNTASYIRUL ULUM MAN 3 SLEMAN)
13420038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah adanya fakta bahwa motivasi belajar bahasa Arab siswa di Pondok Pesantren Muntasyirul Ulum MAN 3 Sleman masih tergolong heterogen sesuai dengan latar belakang pendidikan sebelumnya. Oleh karena itu di sini peneliti mencoba untuk menerapkan pelatihan AMT sebagai suatu metode untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan pelatihan AMT untuk peningkatan motivasi belajar bahasa Arab, dan (2) Mengetahui perbedaan tingkat motivasi belajar bahasa Arab siswa dengan menggunakan pelatihan AMT. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. yaitu peneliti membagi objek atau subjek yang diteliti menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan treatment atau perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X MAN 3 Sleman yang bertempat tinggal di Pondok Pesantren Muntasyirul Ulum. Dalam rangka mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik skala (pretest, postest), wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis ada untuk menguji hipotesis yaitu dengan melakukan uji-T melalui program SPSS 18.0 serta uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan homogenitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pelatihan AMT untuk peningkatan motivasi belajar bahasa Arab di kelas X eksperimen dimulai dengan kegiatan pembukaan yaitu peserta saling mengenal satu sama lain, memahami pentingnya peraturan yang dibuat bersama dan harapan yang diperoleh kedepannya, serta memperoleh gambaran mengenai pelatihan. Pada kegiatan inti (materi) peserta diajak untuk lebih mengenal diri mereka sendiri, berani membangun mimpi dan harapan yang dituju, dilanjutkan dengan sharing bersama tentang mimpi dan harapan dalam belajar bahasa Arab untuk merealisasikannya. (2) Adanya perbedaan tingkat motivasi belajar bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan pelatihaan AMT pada kelas X Pondok Pesantren Muntasyirul Ulum MAN 3 Sleman. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar bahasa Arab setelah penerapan pelatihan AMT lebih tinggi dibandingkan sebelumnya dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, sesuai dengan pengambilan keputusan pada Independent Sample T-test maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan di antara keduannya. Dari hasil analisis di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pelatihan AMT (Achievement Motivation Training) dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X Pondok Pesantren Muntasyirul Ulum MAN 3 SLEMAN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Achievement Motivation Training, Motivasi Belajar Bahasa Arab, Pondok Pesantren Muntasyirul Ulum MAN 3 Sleman.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Feb 2018 08:57
Last Modified: 21 Feb 2018 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29499

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum