STRATEGI STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Eksperimen di MTsN Babadan Baru Sleman Yogyakarta)

MEGA PRIMANINGTYAS NIM. 05420033, (2009) STRATEGI STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Eksperimen di MTsN Babadan Baru Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Eksperimen di MTsN Babadan Baru Sleman Yogyakarta))
BAB I,IV.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text (STRATEGI STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Eksperimen di MTsN Babadan Baru Sleman Yogyakarta))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (277kB)

Abstract

Salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang berbasis kelompok adalah Cooperative Learning yaitu STAD. Strategi inilah yang penyusun terapkan kepada subyek penelitian dengan harapan dapat membantu siswa dalam belajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya perbedaan antara pembelajaran bahasa Arab dengan strategi STAD dengan pembelajaran tanpa STAD pada siswa kelas VIII di MTsN Babadan Baru Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B (40 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII A (39 siswa) sebagai kelompok kontrol. Sampel yang mewakili seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah 158 siswa (populasi) diambil melalui teknik cluster samples. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data digunakan program SPSS 13. Pada uji instrumen menggunakan uji Validitas dan Reabilitas. Hasil uji Validitas menunjukkan dari 30 butir soal test seluruhnya terbukti valid, sedangkan hasil uji reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.847 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dengan menggunakan rumus t tes, dari hasil analisis tersebut dihasilkan nilai to tt (2.402 1.991), dengan nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen yang menggunakan strategi STAD dalam pembelajaran bahasa Arab sebesar 26.38 dan nilai rata-rata untuk kelompok kontrol yang tidak menggunakan strategi STAD sebesar 24.36. Karena to (t observasi) lebih besar dari tt (t tabel), maka dinyatakan Ho ditolak. Untuk persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov. Pada uji normalitas ini terbukti data berdistribusi normal dengan D hitung lebih kecil dari pada harga kritik D tabel (0.145 0.215). Hasil penelitian menunjukkan: pembelajaran bahasa Arab (qira'ah) dengan strategi STAD dapat membantu peningkatan kemampuan siswa kelas VIII MTs Babadan Baru dan ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab (qira'ah) dengan strategi Student Team Achivement Division dan tanpa menggunakan strategi STAD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi, Student Team Achievement Division, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 09 Aug 2012 10:44
Last Modified: 03 Apr 2017 06:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2950

Actions (login required)

View Item View Item