EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK KATA KUNCI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS VIII MTS AS-SALAFIYYAH MLANGI SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

ELDA ADRIANA, NIM. 13420053 (2017) EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK KATA KUNCI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS VIII MTS AS-SALAFIYYAH MLANGI SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK KATA KUNCI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS VIII MTS AS-SALAFIYYAH MLANGI SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018)
13420053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK KATA KUNCI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS VIII MTS AS-SALAFIYYAH MLANGI SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018)
13420053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya fakta bahwa di kelas VIII MTs As-Salafiyyah Mlangi Sleman dalam pembelajaran bahasa Arab cukup diminati oleh siswa, tetapi ketika siswa menemukan kesulitan dalam belajar bahasa Arab, semangat siswa langsung menurun dan kurang berantusias dalam belajar bahasa Arab, terlebih ketika harus menghafal atau mengingat kosakata bahasa Arab. Upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan metode mnemonik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model desain eksperimen kuasi (Quasi Experimental). Penelitian ini memiliki dua variabel, yang pertama variabel bebas yaitu mnemonik kata kunci, yang kedua variabel terikat yaitu penguasaan kosakata bahasa Arab. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Putra MTs As-Salafiyyah Mlangi Sleman. Kemudian dipilih sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan pretest dan posttest berupa tes. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan bantuan SPSS yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan mnemonik kata kunci lebih efektif daripada pembelajaran bahasa Arab tanpa menggunakan mnemonik kata kunci terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VIII MTs As-Salafiyyah Mlangi Sleman. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pretest ke posttest pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Hal ini ditunjukkan dengan hasil (sig.2-tiled) 0,945 untuk data pretest, dan (sig.2-tiled) 0,001 untuk data posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perubahan yang signifikan pada penguasaan kosakata bahasa Arab dengan menggunakan metode pembelajaran mnemonik kata kunci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Mnemonik kata kunci, Kosakata bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Feb 2018 09:27
Last Modified: 21 Feb 2018 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29501

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum