RESEPSI ATLET BADMINTON TERHADAP TAHFIDZ QUR’AN (STUDI KASUS DI WAROENG TAHFIDZ-QU DI YOGYAKARTA)

DEDE NURWAHIDAH, NIM. 13530049 (2017) RESEPSI ATLET BADMINTON TERHADAP TAHFIDZ QUR’AN (STUDI KASUS DI WAROENG TAHFIDZ-QU DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESEPSI ATLET BADMINTON TERHADAP TAHFIDZ QUR’AN (STUDI KASUS DI WAROENG TAHFIDZ-QU DI YOGYAKARTA))
13530049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RESEPSI ATLET BADMINTON TERHADAP TAHFIDZ QUR’AN (STUDI KASUS DI WAROENG TAHFIDZ-QU DI YOGYAKARTA))
13530049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Waroeng Tahfidz-Qu merupakan sebuah pondok yang pembelajarannya menggabungkan antara Tahfidz Quran dengan olahraga Badminton. Berawal dari hobi pendiri Rumah Tahfidz-Qu Deresan pada badminton maka munculah ide untuk mendirikan rumah tahfidz dengan model pembelajaran tersebut, dan pada saat ini semua santri yang ikut mondok di Waroeng Tahfidz-Qu semuanya adalah laki-laki yang usianya setara dengan pelajar SMP dan SMA. Visi dari Waroeng Tahfidz-Qu yaitu “Mencetak Atlet Penghafal Al-Quran”, sehingga segala bentuk kegiatan, dan pendidikan diarahkan ke sana, di dalam diri para atlet selalu ditanamkan bahwa mereka atlet dan mereka juga penghafal al-Qur’|an, karena keberadaan pondok yang menggabungkan antara Badminton dan Tahfidz Quran masih sangat jarang, maka perlu adannya penelitian lebih dalam mengenai fenomena tersebut. Fokus pembahasan dari penelitian skripsi ini adalah terkait bagaimana pelaksanaan Tahfidz Quran di Waroeng Tahfidz-Qu dan bagaimana resepsi atlet badminton terhadap pelaksanaan Tahfidz Quran. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode etnografi. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Mengenai analisis data, penulis melakukan tiga tahapan yaitu, pertama reduksi atau proses seleksi data yang berada di lapangan, kedua tahap display data yaitu mengaitkan satu data dengan data yang lainnya, dan ketiga yaitu tahap verifikasi data. Sedangkan teori yang digunakan untuk memahami makna resepsi para atlet badminton terhadap Tahfidz Quran penulis menggunakan teori sosiologi pengetahuan dari Karl Mannheim. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Tahfidz Quran di Waroeng Tahfidz-Qu Badminton dilaksanakan dari Senin sampai Sabtu setelah sholat Subuh berjama‟ah, dan untuk kegiatan muraja‟ah dilaksanakan setelah maghrib sampai menjelang adzan Isya. Selain tahfidz quran, pada siang harinya mereka melakukan latihan badminton, dan pada malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan Diniyyah. Sedangkan untuk pelaksanaan evaluasi hafalan santri, pengujinya adalah dari Rumah Tahfidz Deresan, dan hasil ujian tersebut yang menjadi penentuan santri lulus ujian atau tidak. Sedangkan makna Tahfidz Quran yang dianalisis dengan menggunakan teori sosiologi pengetahuan dari Karl Mannheim menghasilkan tiga kategori makna, yaitu makna obyektif sebagai suatu kewajiban yang telah ditetapkan, selain mengikuti latihan badminton, para atlet diwajibkan pula untuk menghafalkan al-Qur’|an sehingga ada hukuman bagi mereka yang tidak melaksanakan kewajiban tersebut. Makna ekspresive yaitu Tahfidz Quran merupakan sesuatu hal yang mulia yang bisa melatih diri mereka kemudian bisa menuntun mereka untuk menjadi seorang atlet yang juga seorang penghafal al-Qur’|an, dan makna dokumenter yaitu disiplin diri, kemudian kejujuran serta self confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurun Najwah, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Resepsi Atlet Badminton, Tahfidz Qur’an, Studi Kasus di Waroeng Tahfidz-QU
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Feb 2018 02:57
Last Modified: 23 Feb 2018 02:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29513

Actions (login required)

View Item View Item