FADA’IL AL-QUR’AN DALAM KITAB FADA’IL AL-QUR’AN WA MA‘ALIMUHU WA ADABUHU KARYA ABU ‘UBAID (ANALISIS ASPEK INFORMATIF-PERFORMATIF SAM D. GILL)

ADE ‘AMIROH, NIM. 13530058 (2017) FADA’IL AL-QUR’AN DALAM KITAB FADA’IL AL-QUR’AN WA MA‘ALIMUHU WA ADABUHU KARYA ABU ‘UBAID (ANALISIS ASPEK INFORMATIF-PERFORMATIF SAM D. GILL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FADA’IL AL-QUR’AN DALAM KITAB FADA’IL AL-QUR’AN WA MA‘ALIMUHU WA ADABUHU KARYA ABU ‘UBAID (ANALISIS ASPEK INFORMATIF-PERFORMATIF SAM D. GILL))
13530058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (FADA’IL AL-QUR’AN DALAM KITAB FADA’IL AL-QUR’AN WA MA‘ALIMUHU WA ADABUHU KARYA ABU ‘UBAID (ANALISIS ASPEK INFORMATIF-PERFORMATIF SAM D. GILL))
13530058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas aspek informatif dan performatif (Sam D. Gill) pada Fada’il al-Qur’an karya Abu ‘Ubaid al-Qasim. Fada’il al-Qur’an adalah salah satu cabang ‘ulum al-Qur'an yang membahas keutamaan-keutamaan al-Qur'an; baik pembaca, pengajar, penghafal, ayat, surat, mushaf al-Qur'an atau hal-hal lain yang berhubungan dengan al-Qur'an. Fada’il al-Qur’an wa Ma‘alimuhu wa Adabuhu adalah salah satu karya Fada’il al-Qur’an. Kitab ini disusun oleh Abu ‘Ubaid al-Qasim (w. 224 H), salah seorang Tabi‘in yang hidup pada masa Bani Umaiyah. Fada’il al-Qur’an karya Abu ‘Ubaid ini merupakan karya Fada’il al- Qur’an tertua yang sampai di tangan kita. Dalam pembahasannya, karya ini berisikan 927 riwayat yang berhubungan dengan keutamaan-keutamaan al-Qur'an. Secara garis besar, tema yang disajikan terbagi menjadi lima bagian. Penelitian ini hanya memfokuskan kajiannya pada bagian yang menjelaskan tentang keutamaan surat dan atau ayat al-Qur'an yang terdapat dalam Fada’il al-Qur’an karya Abu ‘Ubaid ini. Yaitu terdiri dari 167 riwayat yang tersebar ke dalam 18 bab. Rumusan masalah yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana tipologi keutamaan al-Qur'an dalam kitab Fada’il al-Qur’an karya Abu ‘Ubaid?”. Adapun penelitian ini merupakan studi pustaka (library research) dan guna menjawab rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan metode analisis. Analisis terhadap hadis-hadisnya menggunakan teori tipologi fungsi al- Qur'an; aspek informatif dan performatif. Teori ini dikemukakan oleh Sam D. Gill atas penelitiannya terhadap studi kitab suci. Adapun sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fada’il al-Qur’an wa Ma‘alimuhu wa Adabuhu karya Abu ‘Ubaid al-Qasim bin Sallam. Sedangkan sumber data sekundernya adalah referensi-referensi yang berkaitan dengan tema Fada’il al- Qur’an, di antaranya adalah Fada’il al-Qur’an karya al-Firyabi, artikel Fada’il al-Qur’an karya Ahmad Rafiq dan referensi-referensi lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Fada’il al-Qur’an dalam karya Abu ‘Ubaid memiliki kedua tipologi fungsi al-Qur'an; informatif dan performatif. Bahkan terdapat beberapa hadis dengan dua fungsi al-Qur'an sekaligus. Sementara itu, Fada’il al-Qur’an dalam karya Abu ‘Ubaid ini memiliki bentuk atau karakteristik tersendiri, yang salah satunya berbentuk praktik sosial atau interaksi Rasulullah saw. dan sahabat dengan al-Qur'an. Interaksi inilah yang kemudian diwariskan dari generasi ke generasi baik secara lisan, tulisan maupun dalam praktiknya. Interaksi ini juga yang kemudian menjadi motivasi bagi praktik sosial masa kontemporer ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Saifuddin Zuhri Qudsy, S.Th.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: Fada’il Al-Qur’an, Wa Ma‘alimuhu Wa Adabuhu, Abu ‘Ubaid, Informatif-Performatif Sam D. Gill
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Feb 2018 03:28
Last Modified: 23 Feb 2018 03:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29516

Actions (login required)

View Item View Item