PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN PEDAGANG DI PASAR GENTAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Ahmad Mustofa, NIM. 08240003 (2012) PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN PEDAGANG DI PASAR GENTAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN PEDAGANG DI PASAR GENTAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN PEDAGANG DI PASAR GENTAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

AHMAD MUSTOFA: Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Kewirausahaan Pedagang di Pasar Gentan, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif. Sedangkan kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk memberi makna spiritual terhadap pemikiran, perilaku dan kegiatan, serta mampu menyinergikan IQ, EQ dan SQ secara komprehenship. Seorang pelaku usaha dengan kecerdasan spiritual yang tinggi akan lebih mudah bangkit dari suatu kejatuhan atau penderitaan, lebih tahan menghadapi stres, lebih mudah melihat peluang karena memiliki sikap mental positif, serta lebih ceria, bahagia dan merasa puas dalam menjalani kehidupan. Faktor tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap prilaku kewirausahaan pada seorang pelaku usaha untuk meningkatkan kreativitas berfikir, menentukan keputusan yang lebih baik dan pencapaian sukses usaha. Berangkat dari latar belakang masalah diatas, maka penyusun tertarik untuk meneliti pengaruh kecerdasan spiritual terhadap perilaku kewirausahaan pedagang di pasar Gentan, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan spiritual terhadap perilaku kewirausahaan pedagang di pasar Gentan, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian field research yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autentik secara obyektif atau studi lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Yaitu, analisis yang menggunakan model matematika dan model statistik. Hasil analisis disajikan dalam bentuk angka-angka yang kemudian dijelaskan dan diinterpretasikan dalam suatu uraian. Berdasarkan hasil penelitian didapat nilai koefisien korelasi antara kecerdasan spiritual dengan perilaku kewirausahaan sebesar 0,705 yang mempunyai arti terjadinya pengaruh yang positif dan signifikan antara kedua variabel diatas. Sedangkan pada pengujian koefisien determinasi didapat nilai sebesar 0,497 yang berarti bahwa perilaku kewirausahaan pedagang dipasar Gentan, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta sebanyak 49,7% dipengaruhi oleh faktor kecerdasan spiritual sedangkan sisanya sebanyak 50,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lainnya seperti kompetensi, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dorongan hidup serta motif dasar manusia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan, Perilaku Kewirausahaan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Mar 2018 14:18
Last Modified: 01 Mar 2018 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29522

Actions (login required)

View Item View Item