PEMBERDAYAAN WANITA PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DI PANTI SOSIAL KARYA WANITA, SIDOARUM, GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)

EDI ANWAR, NIM. 05230031 (2012) PEMBERDAYAAN WANITA PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DI PANTI SOSIAL KARYA WANITA, SIDOARUM, GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN WANITA PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DI PANTI SOSIAL KARYA WANITA, SIDOARUM, GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN WANITA PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DI PANTI SOSIAL KARYA WANITA, SIDOARUM, GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tekanan sosial, ekonomi di Indonesia berdampak pada munculnya perilaku disorientasi sosial dalam kehidupan masyarakat. Salah satu akibatnya adalah berdampak pada kasus-kasus kejahatan, kekerasan, termasuk pada perempuan. Tidak sedikit akhirnya berdampak mempengaruhi psikologis, mental, daya, potensi seseorang dalam kehidupan ekonomi, sosial serta budayanya. Telah banyak lembaga pemerintah, swasta, LSM yang berupaya untuk melakukan pengentasan masalah-masalah tersebut melalui pendidikan, pemberdayaan, rehabilitasi, salah satunya adalah PSKW. PSKW adalah lembaga resmi di bawah Dinas Sosial Yogyakarta yang menjadi pelaksana teknis dari program rehabilitasi sosial yang menangani wanita penyandang masalah-masalah sosial yang secara umum masih produktif. Mereka semua itu adalah wanita-wanita yang bermasalah secara psikologis yang jika tidak diberikan pendampingan maka lambat laun justru kehidupan mereka semakin memburuk, semakin bermasalah. Mereka terlempar dari kehidupan sosial, tidak produktif secara ekonomi dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, analisis terhadap metode pemberdayaan yang dilakukan PSKW kepada para klien-nya. Penelitian ini dilakukan dengan cara peneliti melakukan observasi, wawancara dengan subjek penelitian disertai dengan pengambilan data dokumentasi. Banyak upaya yang dilakukan PSKW dengan program-program yang di lakukan. Pertama, tentu saja “perbaikan“ psikologis mereka. Bagaimanapun mereka adalah orang-orang yang harus dientaskan, tumbuh sikap percaya diri yang kemudian nantinya harus kembali kepada keluarga, masyarakat dan hidup berdampingan secara wajar sesuai norma yang berlaku. Kedua, upaya pemberdayaan. Melalui Program-program pemberdayaan yang dilakukan PSKW, diharapkan para klien PSKW mampu mengembangkan diri menuju taraf hidup produktif secara ekonomi dan mandiri secara sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. PAJAR HATMA INDRA JAYA, S.Sos, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Sosial, Wanita
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Mar 2018 14:19
Last Modified: 01 Mar 2018 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29528

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum