PENGEMBANGAN ASESMEN SIKAP TOLERANSI SISWA BERAGAM AGAMA DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

WULAN SOVA AULIA, NIM. 14220071 (2017) PENGEMBANGAN ASESMEN SIKAP TOLERANSI SISWA BERAGAM AGAMA DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGEMBANGAN ASESMEN SIKAP TOLERANSI SISWA BERAGAM AGAMA DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA)
14220071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text (PENGEMBANGAN ASESMEN SIKAP TOLERANSI SISWA BERAGAM AGAMA DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA)
14220071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

WULAN SOVA AULIA (14220071), Pengembangan Asesmen Sikap Toleransi Siswa Beragam Agama di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Indonesia adalah negara yang memiliki masyarakat sangat majemuk ditinjau dari aspek budaya, sosial, agama dan ras bahkan aliran kepercayaan. Berdasarkan hal itu, Indonesia dikenal dengan masyarakat multikultural dan multiagama. Begitu juga Yogyakarta yang dinobatkan sebagai City of Tolerance tak lepas dari dunia pendidikan sebagai pembentukan karakter pribadi untuk mengaplikasikan sikap toleransi. Saat ini toleransi hanya ramai dalam diskusi, tetapi belum terlihat implementasi secara nyata sehingga konflik berlatar agama masih sering terjadi. Perlulah inovasi mengukur sikap toleransi, untuk membuktikan bahwa toleransi itu dijunjung tinggi. Penulisan ini dilakukan dengan pendekatan Research and Development (R&D) yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Adapun tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui karakteristik dari asesmen yang dikembangkan untuk mengukur sikap toleransi siswa beragam agama di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Subjek dalam penulisan ini adalah guru BK dan siswa kelas XI IPS yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis Flow Model Miles and Huberman. Hasil yang dapat ditampilkan dari penulisan pengembangan ini adalah kualitas produk yang berupa skala mencapai nilai 83,7 dengan kategorisasi sangat baik dengan menghasilkan aitem skala yang berjumlah 52 aitem yang terdiri dari 40 aitem yang valid dan 12 aitem yang tidak valid dengan hasil uji reliabilitas mencapai 0, 879.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Asesmen, Sikap Toleransi
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:45
Last Modified: 05 Mar 2018 07:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29549

Actions (login required)

View Item View Item