NILAI-NILAI HAK ASASI MANUSIA (HAM) DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Muhammad Afif Nur Fuadi NIM. 03470630, (2009) NILAI-NILAI HAK ASASI MANUSIA (HAM) DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI HAK ASASI MANUSIA (HAM) DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI HAK ASASI MANUSIA (HAM) DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (999kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa saat ini masih banyak pelanggaran HAM yang terjadi pada hampir disetiap bidang kehidupan manusia tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Banyaknya kasus tawuran antar pelajar dan bentuk kekerasan lain menambah suram dunia pendidikan. Berdasarkan permasalahan ini perlu kiranya dicari strategi khusus yaitu dengan menerapkan pendidikan berbasis HAM dalam pembelajaran dengan cara pengintegrasian nilai-nilai HAM kedalam pendidikan agama, sebagaimana yang diterapkan SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam pembelajaran PAI. Selanjutnya yang menjadi permasalahan dari penelitian ini adalah mengapa penanaman nilai-nilai HAM perlu dilaksanakan, bagaimana pelaksanaannya, dan apa faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai HAM dalam pengembangan pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan urgensi upaya pengembangan nilai-nilai HAM, mengetahui upaya pengembangan nilai-nilai HAM serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya penanaman nilai-nilai HAM dalam pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pendidikan Agama Islam yang berbasis HAM sangat penting sekali terutama pada tingkat pendidikan lanjut dan menengah, hal tersebut dilatarbelakangi faktor psikilogi peserta didik tersebut secara usia sedang memasuki usia remaja dimana usia ini identik dengan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa, mereka masih labil dan mudah terpengaruh lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu penanaman nilai-nilai HAM sangat penting dilakukan untuk mengawal perkembangan peserta didik secara psikis. (2) Dalam mewujudkan PAI yang berbasis HAM dilakukan melalui pengintegrasian nilai-nilai HAM kedalam pembelajaran PAI. Implementasinya dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai HAM kedalam komponen-komponen pendidikan yaitu tujuan, pendidik dan peserta didik, materi, metode dan media, serta evaluasi. (3) Faktor pendukung usaha ini adalah adanya kegiatan ekstra yang bermuatan nilai-nilai HAM, kultur sekolah yang demokratis, input yang berkualitas, dan dukungan dari semua fihak. Penghambatnya adalah belum ada perhatian secara khusus tentang pendidikan HAM, usia peserta didik yang masih labil sehingga rentan pengaruh budaya negatif, dan adanya efek negatif dari perkembangan teknologi seperti persaingan produk handphone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muh. Agus Nuryatno, MA. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Hak Asasi Manusia, Pengembangan, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 08 Aug 2012 14:50
Last Modified: 15 Mar 2017 03:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2955

Actions (login required)

View Item View Item