BIMBINGAN KEMANDIRIAN ANAK TUNADAKSA MELALUI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA ADAPTIF DI SLB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA

HIKMAH NURHASANAH, NIM. 14220033 (2017) BIMBINGAN KEMANDIRIAN ANAK TUNADAKSA MELALUI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA ADAPTIF DI SLB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KEMANDIRIAN ANAK TUNADAKSA MELALUI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA ADAPTIF DI SLB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA)
14220033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (48MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KEMANDIRIAN ANAK TUNADAKSA MELALUI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA ADAPTIF DI SLB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA)
14220033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

HIKMAH NURHASANAH (14220033), Bimbingan Kemandirian Anak Tunadaksa Melalui Ekstrakurikuler Olahraga Adaptif di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak tunadaksa yang merupakan anak yang tidak sempurna fisiknya, yang dapat mengakibatkan gangguan koordinasi, komunikasi, adaptasi dan mobilisasi. sehingga di dalam melakukan aktivitas seharihari akan banyak mengalami kesulitan, oleh sebab itu anak tunadaksa membutuhkan bimbingan kemandirian agar bisa mandiri dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Anak tunadaksa memerlukan bimbingan khusus untuk mengembangkan kesembuhan pada fisiknya salah satunya dengan ekstrakulikuler olahraga adaptif yang dimana mempunyai fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan salah satu terapi gerakan tubuh, diantaranya melatih saraf motorik dan merangsang perkembangan otak kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang metode bimbingan kemandirian anak tunadaksa melalui ekstrakurikuler olahraga adaptif di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. dengan subyek penelitian adalah guru ekstrakurikuler olahraga adaptif, guru bimbingan dan konseling, wakil kepala sekolah dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga. sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah metode bimbingan kemandirian anak tunadaksa melalui ekstrakurikuler olahraga adaptif di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode bimbingan kemandirian anak tunadaksa melalui ekstrakurikuler olahraga adaptif di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta yaitu metode bina gerak yang meliputi gerakan tangan, gerakan kaki dan gerakan kepala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: A. SAID HASAN BASRI, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kemandirian, Anak Tunadaksa, Ekstrakurikuler Olahraga Adaptif
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 07 Mar 2018 03:15
Last Modified: 07 Mar 2018 03:15
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/29553

Actions (login required)

View Item View Item