METODE PENGASUHAN ANAK PASANGAN PERNIKAHAN DINI (STUDI KASUS TIGA KELUARGA PERNIKAHAN DINI DI KECAMATAN PONJONG KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

SITI ROFINGAH, NIM. 14220043 (2017) METODE PENGASUHAN ANAK PASANGAN PERNIKAHAN DINI (STUDI KASUS TIGA KELUARGA PERNIKAHAN DINI DI KECAMATAN PONJONG KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENGASUHAN ANAK PASANGAN PERNIKAHAN DINI (STUDI KASUS TIGA KELUARGA PERNIKAHAN DINI DI KECAMATAN PONJONG KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
14220043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE PENGASUHAN ANAK PASANGAN PERNIKAHAN DINI (STUDI KASUS TIGA KELUARGA PERNIKAHAN DINI DI KECAMATAN PONJONG KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
14220043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Siti Rofingah, 14220043, penelitian ini berjudul Metode Pengasuhan Anak Pasangan Pernikahan Dini (Studi Kasus Tiga Keluarga Pernikahan Dini di Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai September 2017 dengan tujuan untuk mendeskripsikan metode pengasuhan anak yang dilakukan tiga keluarga pernikahan dini di Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebijakan pemerintah dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 pasal 7 ayat (1) tentang Perkawinan yang menjelaskan batas minimal usia diperbolehkan menikah supaya kemaslahatan rumah tangga tercapai, akan tetapi fenomena pernikahan dini sampai sekarang masih terjadi di Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul, bahkan mampu mempertahankan rumah tangga serta sanggup melaksanakan tugas pengasuhan anak di usia yang masih muda jika ditinjau secara psikologis belum matang mental, emosional, psikis maupun fisiknya. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana cara pengasuhan anak yang dilakukan pasangan pernikahan dini di Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu field research dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan informan secara purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah tiga keluarga pernikahan dini dan orang tua pasangan pernikahan dini. Kemudian, obyek penelitiannya adalah metode pengasuhan anak pasangan pernikahan dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasangan pernikahan dini dalam mengasuh anak di Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta adalah melalui keteladanan, pembiasaan, nasihat dan dialog, serta pemberian penghargaan dan hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Pengasuhan Anak, Pernikahan Dini
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Mar 2018 10:10
Last Modified: 07 Mar 2018 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29556

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum