BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN DI. YOGYAKARTA

SYAMSUL MA’ARIF, NIM. 13220096 (2017) BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN DI. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN DI. YOGYAKARTA)
13220096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN DI. YOGYAKARTA)
13220096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

SYAMSUL MA’ARIF (13220096), Bimbingan Pribadi Sosial dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa Kelas X SMA N 1 Depok Sleman DI. Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017. Latar belakang dari masalah ini adalah ketika adanya keganjalan dengan perilaku yang meresahkan siswa kelas X SMA N 1 Depok. Keresahan terjadi melalui intimidasi sosial yang dilakukan oleh senior atau kakak kelasnya, yang lain ialah kelas XI dan XII. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk berupaya menghentikan budaya senioritas dan intimidasi siswa dengan menanamkan akhlakul karimah melalui bimbingan pribadi dan sosial. Kemudian, penelitian ini berfokus pada metode bimbingan pribadi sosial yang digunakan guru BK dalam menanamkan akhlakul karimah siswa kelas X SMA N 1 Depok Sleman DI. Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru BK dan lima siswa yang diambil dari kelas X. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah metode bimbingan pribadi sosial kepada siswa kelas X yang pernah menjadi korban intimidasi sosial atau tindak senioritas. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bimbingan pribadi sosial yang digunakan guru BK dalam menanamkan akhlakul karimah siswa kelas X SMA N 1 Depok Sleman D.I Yogyakarta adalah metode langsung yaitu guru BK melakukan bimbingan dengan tatap muka. Dengan begitu siswa lebih mudah diarahkan dan dibimbing oleh guru BK dan mampu terkontrol secara langsung perkembangannya. Terutama perkembangan perilaku akhlakul karimah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi Sosial, Akhlakul Karimah.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Mar 2018 11:53
Last Modified: 07 Mar 2018 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum