BIBLIOTERAPI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI TAMAN BACA MASYARAKAT CAKRUK PINTAR NOLOGATEN YOGYAKARTA

HAIRUNNISA BR SAGALA, NIM. 13220010 (2017) BIBLIOTERAPI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI TAMAN BACA MASYARAKAT CAKRUK PINTAR NOLOGATEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIBLIOTERAPI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI TAMAN BACA MASYARAKAT CAKRUK PINTAR NOLOGATEN YOGYAKARTA)
13220010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BIBLIOTERAPI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI TAMAN BACA MASYARAKAT CAKRUK PINTAR NOLOGATEN YOGYAKARTA)
13220010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

HAIRUNNISA BR SAGALA (13220010), Biblioterapi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Remaja di Taman Baca Masyarakat Cakruk Pintar Nologaten Yogyakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Melihat fenomena sekarang yang sangat mudah terkontaminasi dengan arus teknologi yang begitu pesat, membuat gejolak remaja menuju hal-hal yang negatif sehingga menimbulkan motivasi belajar kurang baik. Kebanyakan motivasi belajar dipengaruhi faktor ekstrinsik seperti lingkungan dan suasana di sekitarnya. Namun pada akhirnya yang mampu meningkatkan motivasi belajar individu, kembali kepada diri sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahap-tahap biblioterapi dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di Taman Baca Masyarakat Cakruk Pintar Nologaten Yogyakarta Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap objek yang diteliti. Adapun objek dalam penelitian ini adalah tahap-tahap biblioterapi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah pembina, ketua, dan 4 remaja. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mengolah data yang didapatkan selama proses penelitian baik melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian diinterprestasikan secara sistematis dalam bentuk laporan yang dibuat secara apa adanya sesuai keadaan sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap Biblioterapi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Remaja di Cakruk Pintar Nologaten Yogyakarta melalui beberapa tahap yaitu: identifikasi, pemilihan, presentasi dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Biblioterapi, Meningkatkan Motivasi Belajar
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Mar 2018 08:50
Last Modified: 12 Mar 2018 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum