TELAAH BEBAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR(Perbandingan Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013)

Syaikhudin, Ahmad (2013) TELAAH BEBAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR(Perbandingan Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013). In: REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013. Mandiri Graffindo Press, Yogyakarta, pp. 372-385. ISBN 978-979-1921-02-7

[img]
Preview
Text (REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013)
Halaman sampul - Prosiding Seminar Nasional PGMI 2013.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (TELAAH BEBAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR (Perbandingan Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013))
Ahmad Syaikhudin - TELAAH BEBAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 di SD dirancang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi. Pembelajarannyapun dirancang melalui proses pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) melalui kegiatan kegiatan berbentuk tugas(project based learning) yang mencakup proses-proses: mengamati, menanya, mencoba menalar,, dan mengkomunikasikan. Pada kurikulum 2013 mengisyaratkan adanya penambahan beban mengajar disemua jenjang pendidikan. Kebijakan penambahan jam ini dimaksudkan agar guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif belajar. Makalah ini, fokus pembahasannya adalah mengkaji beban materi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Masing-masing jenjang pendidikan terdapat penambahan beban belajar. Penambahan beban materi belajar di SD yaitu kelas 1, II, dan III masing-masing 30, 32, 34 sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI masing-masing 36 setiap minggu, dengan lama untuk setiap jam belajarnya yaitu 35 menit. Namun untuk lebih membatasi permasalahan penulis akan mendeskripsikan untuk kelas IV, V, dan VI. Perbedaan materi terlihat pada materi sejarah. Materi sejarah pada kurikulum 2013 lebih sempit untuk semua kelas atas. Secara umum materi IPS pada kurikulum 2013 mencakup secara merata materi ekonomi, sejarah, antropologi, sosiologi, geografi, dan sosial budaya. Pada kurikulum 2006, materi yang sangat dominan adalah materi sejarah.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Kurikulum 2013, IPS, SD
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Aug 2018 08:41
Last Modified: 27 Aug 2018 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29589

Actions (login required)

View Item View Item