PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERSUPLEMEN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KETERPADUAN TIPE SHARED DAN CTL POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK

Munfaatun, Anisa and KARTIKA, Ika and Wibowo, Widodo Setiyo (2013) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERSUPLEMEN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KETERPADUAN TIPE SHARED DAN CTL POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK. In: REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013. Mandiri Graffindo Press, Yogyakarta, pp. 133-147. ISBN 978-979-1921-02-7

[img]
Preview
Text (REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013)
Halaman sampul - Prosiding Seminar Nasional PGMI 2013.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERSUPLEMEN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KETERPADUAN TIPE SHARED DAN CTL POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK)
Anisa munfaatun Ika kartika dan Widodo Setiyo Wibowo - PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERSUPLEMEN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KETERPADUAN TIPE SHARED DAN CTL POKOK BAHASAN KINEMATIKA.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kualitas modul fisika bersuplemen matematika dengan pendekatan CTL pokok bahasan kinematika gerak menurut penilaian ahli materi, ahli media, dan guru SMA/MA. 2) Mengetahui respon siswa terhadap modul fisika bersuplemen matematika dengan pendekatan CTL pokok bahasan kinematika gerak. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model prosedural. Prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall dapat dilakukan dengan melibatkan 5 langkah utama (Tim Puslitjaknov, 2008: 11) yaitu: 1) Menganalisis produk yang akan dikembangkan; 2) Mengembangkan produk awal; 3) Validasi dan revisi; 4) Uji coba terbatas dan revisi produk; 5) Uji coba lapangan dan produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen non tes berupa lembar kritik dan saran, lembar penilaian dan angket respon siswa. Data kualitas berupa kritik dan saran yang diseleksi kerelevanannya untuk melakukan revisi prodak. Data kualitas lain berupa respon siswa. Data kuantitas berupa skor penilaian dan skor respon dianalisis dengan mencari rerata skor dan simpangan baku skor untuk menentukan kategori penilaian dan respon terhadap modul yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Penilaian kualitas modul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru SMA/MA adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing 90,00%, 86,36%, dan 82,22%. 2) Respon siswa terhadap modul fisika bersuplemen matematika dengan pendekatan CTL pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan adalah sangat setuju (SS) dengan persentase keidealan masing-masing 85,56% dan 87,12%. Kata kunci: Modul fisika bersuplemen matematika, Keterpaduan Tipe Shared, Contextual Teaching Learning, Kinematika gerak.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Modul fisika bersuplemen matematika, Keterpaduan Tipe Shared, Contextual Teaching Learning, Kinematika gerak
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Aug 2018 08:42
Last Modified: 27 Aug 2018 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29591

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum