PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DENGAN TEMA “MERAPI DAN KEHIDUPANNYA”

KARTIKA, Ika (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DENGAN TEMA “MERAPI DAN KEHIDUPANNYA”. In: REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013. Mandiri Graffindo Press, Yogyakarta, pp. 205-222. ISBN 978-979-1921-02-7

[img]
Preview
Text (REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013)
Halaman sampul - Prosiding Seminar Nasional PGMI 2013.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DENGAN TEMA “MERAPI DAN KEHIDUPANNYA”)
Ika Kartika - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DENGAN TEMA MERAPI DAN KEHIDUPANNYA.pdf - Published Version

Download (927kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu berbasis Problem Based Learning Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Tema “ Merapi dan Kehidupannya” 2) Mengetahui kualitas Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu berdasarkan penilaian ahli perangkat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana menurut Tim Puslitjaknov yang melibatkan 5 langkah utama yaitu (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, serta (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap validasi dan penilaian. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas SSP untuk ahli materi, media, dan guru SMP/MTs yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk peserta didik berupa skala respon peserta didik yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) telah dikembangkan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis problem based learning berdasarkan kurikulum 2013 dengan tema “ merapi dan kehidupannya”. Komponen perangkat yang telah dikembangkan adalah silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan penilaian yang disesuaikan dengan kurikulum 2013. 2) Kualitas perangkat pembelajaran IPA Terpadu berbasis problem based learning berdasarkan kurikulum 2013 dengan tema “merapi dan kehidupannya” menurut ahli perangkat pembelajaran adalah Sangat Baik (SB) secara keseluruhan dengan persentase keidealan 95%. untuk masing-masing komponen yaitu silabus memiliki kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 95 %. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memiliki kategori Baik (B) dengan persentase keidealan 83,75%, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan lembar penilaian memiliki kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing 91,67% dan 82,72%. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu, Problem Based Learning, Kurikulum 2013 dan Merapi

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu, Problem Based Learning, Kurikulum 2013 dan Merapi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Aug 2018 08:58
Last Modified: 27 Aug 2018 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum