MEDIA PEMBELAJARAN MODUL “ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA” BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SMP/MTs

Munaf, Ismaya and Suprihatiningrum, Jamil (2013) MEDIA PEMBELAJARAN MODUL “ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA” BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SMP/MTs. In: REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013. Mandiri Graffindo Press, Yogyakarta, pp. 332-347. ISBN 978-979-1921-02-7

[img]
Preview
Text (REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013)
Halaman sampul - Prosiding Seminar Nasional PGMI 2013.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (MEDIA PEMBELAJARAN MODUL “ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA” BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SMP/MTs)
Ismaya Munaf dan Jamil Suprihatiningrum - MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SMP MTs.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik, spesifikasi, dan kualitas modul kimia bermuatan pendidikan karakter untuk SMP/MTs yang dikembangkan. Modul kimia yang dikembangkan merupakan materi pokok zat adiktif dan psikotropika. Penelitian ini melewati beberapa tahap, hingga dihasilkannya modul dengan kualitas sangat baik menurut penilaian reviewer. Tahapan tersebut adalah validasi oleh ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Penilaian modul dilakukan oleh reviewer yaitu tiga pendidik IPA SMP/MTs dan direspon 10 peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model prosedural yang mengikuti langkah-langkah Borg dan Gall. Prosedur dalam pengembangan modul ini hanya dibatasi sampai 5 tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba. Instrumen penilaian modul berupa lembar penilaian skala 1-5 yang berisi 10 aspek dan 18 kriteria penilaian. Hasil penilaian dari 3 pendidik berupa data kualitatif, kemudian dikonversikan menjadi data kuantitatif dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas modul. Hasil respon peserta didik diolah menjadi bentuk persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul kimia yang dikembangkan menurut penilaian tiga pendidik IPA SMP/MTs di Yogyakarta memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 90,47%, sedangkan respon dari 10 peserta didik dengan persentase keidealan sebesar 95%. Berdasarkan penilaian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa modul kimia bermuatan pendidikan karakter untuk SMP/MTs layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Kata Kunci: penelitian pengembangan, pendidikan karakter, modul, adiktif, psikotropika

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, pendidikan karakter, modul, adiktif, psikotropika
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Aug 2018 09:00
Last Modified: 27 Aug 2018 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum