REINTERPRETASI HADITS-HADITS PENDIDIKAN YANG BIAS GENDER

Nadlifah, . (2013) REINTERPRETASI HADITS-HADITS PENDIDIKAN YANG BIAS GENDER. In: REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013. Mandiri Graffindo Press, Yogyakarta, pp. 287-315. ISBN 978-979-1921-02-7

[img]
Preview
Text (REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013)
Halaman sampul - Prosiding Seminar Nasional PGMI 2013.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (REINTERPRETASI HADITS-HADITS PENDIDIKAN YANG BIAS GENDER)
Nadlifah - REINTERPRETASI HADITS-HADITS PENDIDIKAN YANG BIAS GENDER.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview

Abstract

Hadits dalam islam memiliki kedudukan sebagai sumber ajaran yang otoritatif, di samping al-Qur’an, yang ikut menentukan doktrin-doktrin teologis yang berkembang di kalangan umatnya. Hadits juga dapat mengungkap tradisi- tradisi yang berkembang pada masa rasulullah dan budaya yang khas masyarakat arab yang patriakhi (bukan diperkenalkan oleh Islam). Masih sering kita jumpai hadits- hadits yang arti harfiahnya mendukung pandangan-pandangan “misoginis” yang merendahkan perempuan dan diterima oleh banyak umat Islam sehingga menjadi pandangan budaya ,yang mempengaruhi relasi gender. Karena itu, menjadi penting mengkaji ulang hadits- hadits tersebut agar tidak terjadi bias gender (tidak ramah terhadap prempuan). Kata Kunci: Reinterpretasi, Hadits- Hadits pendidikan, bias gender

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Reinterpretasi, Hadits - Hadits pendidikan, bias gender
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Aug 2018 08:26
Last Modified: 27 Aug 2018 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29604

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum