PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

SUKIMAN, - (2013) PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. In: REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013. Mandiri Graffindo Press, Yogyakarta, pp. 1-41. ISBN 978-979-1921-02-7

[img]
Preview
Text (REAKTUALISASI DAN REFLEKSI KURIKULUM 2013)
Halaman sampul - Prosiding Seminar Nasional PGMI 2013.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
Sukiman - PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam tulisan ini, yaitu: (1) bagaimanakah bentuk e-learning untuk mendukung implementasi kurikulum yang dikembangkan dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta? (2) bagaimana kesiapan dan persepsi mahasiswa dan dosen dalam mengembangkan e-learning untuk mendukung implementasi kurikulum di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta? (3) apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam mengembangkan e-learning untuk mendukung implementasi kurikulum di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta? Penelitian ini menggunakan metode gabungan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan mengambil latar Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kualitatif adalah analisis data kualitatif yang langkah-langkahnya meliputi reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk análisis data kuantitatif adalah menggunakan análisis statistik deskriptif meliputi perhitungan mean (rerata), standar deviasi, dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, e-learning yang dikembangkan oleh dosen FITK dilihat dari segi bentuknya/wujudnya meliputi tiga macam yaitu media blog, website pribadi dan e-learning yang berbasis moodle. Dari bentuk-bentuk e-learning yang dikembangkan dosen FITK tersebut terlihat bahwa dosen belum secara maksimal memanfaatkan e-learning sebagai media pembelajaran yang sebenarnya cukup potensial untuk mendukung keberhasilan implementasi kurikulum di FITK. Jika dilihat dari praktik pemanfaatan e-learning oleh para dosen dan kebijakan yang ada, baik pada tingkat universitas maupun tingkat fakultas, secara umum dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan e-learning di FITK sifatnya adalah baru sebatas sebagai suplemen. Dikatakan berfungsi sebagai suplemen (tambahan) karena media e-learning tersebut sifatnya belum diwajibkan baik bagi dosen maupun mahasiswa. Meskipun demikian ada beberapa dosen FITK yang telah mengembangkan e-learning ini sudah lebih aktif dan dinamis. Praktik pengembangan e-learning mereka ini dapat dikategorikan sebagai e-learning model blended yaitu program pembelajaran yang menggabungkan antara teknologi informasi dan komunikasi atau web-based (online) dengan pertemuan langsung (face to face). Kedua, secara umum kesiapan mahasiswa untuk implementasi e-learning di FITK termasuk kategori cukup. Persepsi mereka terhadap implemantasi e-learning di FITK secara umum juga termasuk kategori cukup. Demikian juga kesiapan dosen untuk implemantasi e-learning di FITK termasuk kategori cukup. Sedangkan persepsi mereka terhadap implemantasi e-learning di FITK termasuk kategori baik. Hal ini memberikan pemahaman bahwa secara umum dari pihak mahasiswa dan dosen dilihat dari segi kesiapan dan persepsi mereka belum sepenuhnya mendukung pengembangan e-learning dalam rangka optimalisasi implementasi kurikulum di FITK. Ketiga, pengembangan e-learning di FITK masih menghadapi sejumlah kendala yang bersumber pada faktor kebijakan universitas dan fakultas, sumber daya manusia (SDM), mahasiswa (user), dan fasilitas.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: e-learning, implementasi kurikulum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Sep 2018 11:04
Last Modified: 31 Oct 2018 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29610

Actions (login required)

View Item View Item