PERAN ASOSIASI PEDAGANG KAKI LIMA ( PKL ) DALAM PROSES RELOKASI TAHUN 2014-2015 ( STUDI PADA PROSES RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA DI KOTA MAGELANG )

ANISATUL AINIYAH, NIM. 13720023 (2017) PERAN ASOSIASI PEDAGANG KAKI LIMA ( PKL ) DALAM PROSES RELOKASI TAHUN 2014-2015 ( STUDI PADA PROSES RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA DI KOTA MAGELANG ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ASOSIASI PEDAGANG KAKI LIMA ( PKL ) DALAM PROSES RELOKASI TAHUN 2014-2015 ( STUDI PADA PROSES RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA DI KOTA MAGELANG ))
13720023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN ASOSIASI PEDAGANG KAKI LIMA ( PKL ) DALAM PROSES RELOKASI TAHUN 2014-2015 ( STUDI PADA PROSES RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA DI KOTA MAGELANG ))
13720023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Keberadaan pedagang kaki lima (PKL) di Magelang jumlahnya selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Penggunaan fasilitas umum sebagai tempat untuk berjualan juga dianggap sebagai penyebab kemacetan lalu lintas dan mengganggu keindahan tata kota. Menghadapi permasalahan tersebut pemerintah Magelang bermaksud melakukan penataan dengan program relokasi PKL yang dihimpun dalam satu kawasan. Pelaksanaan relokasi tidak lepas dari adanya pro kontra di kalangan PKL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari asosiasi pedagang kaki lima untuk memberikan motivasi dan mempersuasi pedagang agar menyetujui proses relokasi. Lokasi penelitian berada taman kuliner Kartika Sari , Magersari, Magelang. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara dan analisis data. Teori yang digunakan untuk menganalisis menggunakan teori Otoritas Legal – Rasional. Subjek dalam penelitian ini adalah pedagang kaki lima (PKL) , Asosiasi PKL dan Dinas Perdagangan dan Pasar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam proses relokasi asosiasi pedagang kaki lima mampu membujuk para pedagang untuk pindah yaitu dengan melakukan pendekatan secara personal kepada pedagang , selain itu asosiasi juga memfasilitasi interaksi antara PKL dengan pemerintah sehingga tercapai komunikasi yang baik antar pedagang dan pemerintah, selain itu juga asosiasi mampu memperjuangkan nasib ekonomi pedagang dengan mengajukan kartu tanda usaha (KTU) dan melakukan pemberdayaan dan pembinaan terkait usaha para pedagang agar mampu sampai keluar daerah atau bahkan keluar negeri.rdagangan dan Pasar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam proses relokasi asosiasi pedagang kaki lima mampu membujuk para pedagang untuk pindah yaitu dengan melakukan pendekatan secara personal kepada pedagang , selain itu asosiasi juga memfasilitasi interaksi antara PKL dengan pemerintah sehingga tercapai komunikasi yang baik antar pedagang dan pemerintah, selain itu juga asosiasi mampu memperjuangkan nasib ekonomi pedagang dengan mengajukan kartu tanda usaha (KTU) dan melakukan pemberdayaan dan pembinaan terkait usaha para pedagang agar mampu sampai keluar daerah atau bahkan keluar negeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr.Phil. Ahmad Norma Permata, M.A
Uncontrolled Keywords: Relokasi , Pedagang kaki lima , Peran asosiasi
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Mar 2018 03:07
Last Modified: 20 Mar 2018 03:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29617

Actions (login required)

View Item View Item