MANAJEMEN PERSONALIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Pada SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta)

Neni Humairoh Sa'adah NIM 04471140, (2009) MANAJEMEN PERSONALIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Pada SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PERSONALIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Pada SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta))
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (912kB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PERSONALIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Pada SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan personalia para karyawan dari mulai pengadaan, pengangkatan, penempatan, pembinaan, dan pemberhentian personalnya dalam upaya meningkakan mutu pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi manajemen personalia di dunia pendidikan, khususnya tentang bagaimana pengelolaan personalia dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan yang ada di sekolah, serta faktor pendukung dan penghambat perkembangan manajemen personalia. Objek penelitian adalah Kepala SMP, para guru SMP, staf tata usaha SMP, tenaga fungsional kependidikan (pustakawan), dan tenaga teknis kependidikan (laboran) SMP Muhammadiyah 3 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif-analitik yaitu metode yang digunakan untuk menyusun data yang telah dikumpulkan, dijelaskan dan kemudian dianalisa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam manajemen personalia di SMP Muhammadiyah 3 Depok ini yang mencangkup pengelolaan personil yang diartikan sebagai proses kegiatan untuk mengisi formasi yang lowong, mulai dari perekrutan, pengangkatan, penempatan, pembinaan, sampai dengan pemberhentian personil. 2) Upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMP Muhammadiyah 3 Depok telah maksimal diwujudkan menurut standarisasi yang diberlakukan oleh kepala sekolah dan pihak yayasan Muhammadiyah, yang meliputi pembinaan rutin bisa dilakukan dengan breafing. Sedangkan idikator peningkatan mutu yang terlihat di sekolah ini adalah terpenuhinya tenaga pengajar, kedisiplinan pendidik, kedisiplinan para siswa, saran dan fasilitas yang memadai, prestasi siswa yang diraih dalam berbagai perlombaan dan prestasi belajar di daerah istimewa Yogyakarta, namuan juga termasuk bagian dari peningkatan mutu output yang beberapa siswa yang diterima di sekolah-sekolah favorit di Yogyakarta. 3) Faktor pendukung perkembangan manajemen personalia di sekolah ini yaitu sarana dan prasarana yang memadai, dan lingkungan dan masyarakat yang mendukung kearah kebaikan, serta kualitas SDM sebagian besar ahli dibidangnya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya personil tata usaha dan perpustakaan serta laboran yang memang belum ada personilnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M. Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Personalia, Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 08 Aug 2012 21:31
Last Modified: 16 Mar 2017 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum