Ilmu Perpustakaan Dan Informasi: sebuah tinjauan ringkas tentang aspek ontologi dan epistemologi dalam konteks Indonesia

Pendit, Putu Laxman (2018) Ilmu Perpustakaan Dan Informasi: sebuah tinjauan ringkas tentang aspek ontologi dan epistemologi dalam konteks Indonesia. In: Diskusi Memetakan Perkembangan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia, 15 Maret 2018, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Putu Laxman Pendit - IP&I - tinjauan ontologi dan epistemologi dalam konteks Indonesia.pdf - Published Version

Download (646kB) | Preview

Abstract

Dengan mengakui pentingnya keberadaan dimensi sosial dalam perkembangan ilmu pengetahuan, makalah ini mencoba memperjelas aspek ontologis dan epistemologis Ilmu Perpustakaan & Informasi di Indonesia, dengan pertama-tama dan terutama meninjau aspek historis-kontekstual dari pustaka dan informasi sebagai objek kajian. Diusulkan agar pustaka dan informasi dilihat sebagai bagian dari epistemologi sosial yang semula ditawarkan Egan dan Shera sebagai pondasi ilmu ini. Diusulkan pula agar pembahasan tentang hal ini sebaiknya tidak dilepaskan dari potensi kebergunaan (aksiologi) Ilmu Perpustakaan dan Informasi bagi negara dan bangsa yang bercirikan kemajemukan budaya seperti Indonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: ilmu perpustakaan, informasi
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Paper
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2018 03:04
Last Modified: 16 Mar 2018 03:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29641

Actions (login required)

View Item View Item