STUDI PROSES INDIRECT TEACHING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DIRI KEIMANAN DAN SIKAP SOSIAL (Kajian Komparatif-Implementatif Pembelajaran Kurikulum 2013 Perspektif Sosiologi Pendidikan Di SMA Muhammadiyah I dan SMA BOPKRI I Yogyakarta)

NURROHMAH, - and SUBIYANTORO, - and dkk, . (2015) STUDI PROSES INDIRECT TEACHING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DIRI KEIMANAN DAN SIKAP SOSIAL (Kajian Komparatif-Implementatif Pembelajaran Kurikulum 2013 Perspektif Sosiologi Pendidikan Di SMA Muhammadiyah I dan SMA BOPKRI I Yogyakarta). Progres : Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3 (No. 3). pp. 107-129. ISSN 2338-6878

[img]
Preview
Text
Subiyantoro - STUDI PROSES INDIRECT TEACHING DALAM PEMBENTUKAN.pdf - Published Version

Download (76MB) | Preview

Abstract

Kajian dalam penelitian ini berusaha mengungkap mengenai bagaimana peluang yang ada dalam kurikulum 2013 dalam membentuk konsep diri religius peserta didik, sebagai kontribusi pendidikan di sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang kemunculan proses pendidikan karakter keimanan siswa sebagai implikasi adanya KI-1 dan pendidikan karakter sosial sebagai implikasi KI-2 dalam Indirect Teaching di kelas dalam penerapan kurikulum 2013, serta mengetahui strategi penguatannya di SMA uhammadiyah 1 dan SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Pembentukan karakter diri eimanan dalam Indirect Teaching pada kedua sekolah \ni, sama-sama belum tampak muncul dalam konteks pembelajaran di kelas. Strategi penguatan implementasi kurikulum 2013 dalam membangun karakter !man dan Sosial pada ke dua sekolah ini, dapat terlihat melalui kegiatan di sekolah yang bersifat kultural dengan titik tekan dan karakteristik yang berbeda. Karakter Iman terbangun melalui kegiatan yang terkait dengan kegiatan keagamaan, sedangkan karakter sosial seperti kedisiplinan, patriotisme, kekeluargaan, dan keramahan . juga terbangun dalam kegiatan kultural di sekolah. Kata Kunci: Indirect Teaching, karakter keimanan dan sosial, kurikulum 2013

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Indirect Teaching, karakter keimanan dan sosial, kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2018 04:13
Last Modified: 16 Mar 2018 04:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29644

Actions (login required)

View Item View Item