PERAN ORGANISASI PETANI GARAM “SUMBER MULYO” DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA GENENGMULYO KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PAT

ALLIF ROKHMAT VIANNISA’, NIM. 12720032 (2017) PERAN ORGANISASI PETANI GARAM “SUMBER MULYO” DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA GENENGMULYO KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORGANISASI PETANI GARAM “SUMBER MULYO” DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA GENENGMULYO KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PAT)
12720032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORGANISASI PETANI GARAM “SUMBER MULYO” DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA GENENGMULYO KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PAT)
12720032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat melalui organisasi merupakan upaya pemerintah untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat. Keberadaan dan dibentuknya organisasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas petani garam dalam penggarapan lahan garam. Peran organisasi petani garam Sumber Mulyo yang dibentuk di Desa Genengmulyo memiliki peran sebagai fasilitator, mediator, motivator dan dinamisator. Dalam pelaksaan dari peran pemberdayaan, organisasi mewujudkannya dalam kegiatan-kegiatan yang berguna untuk kemajuan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran organisasi dalam pemberdayaan masyarakat petani garam di Desa Genengmulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan teori sosiologi organisasi untuk menganalisis hasil penelitian yang ditemukan di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif desPriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa Organisasi Petani Garam Sumber Mulyo belum bisa dikatakan berperan dalam pemberdayaan masyarakat. Organisasi belum dikatakan berperan karena dalam menjalankan upaya pemberdayaan, hasilnya belum merata dirasakan seluruh masyarakat. Selain itu, keberadaan organisasi belum dapat ditemukan perubahan yang signifikan atas keberhasilan dari peran organisasi. Meskipun dikatakan belum berperan, namun keberadaan organisasi memberi dampak yang baik dan mendapat tanggapan positif dari masyarakat Desa Genengmulyo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muryanti, S.Sos., M.A.
Uncontrolled Keywords: Organisasi, Petani Garam, Peran dalam Pemberdayaan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2018 09:39
Last Modified: 19 Mar 2018 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29647

Actions (login required)

View Item View Item