NILAI-NILAI PLURALISME DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

LILIK SUPARNO - NIM. 04410699, (2009) NILAI-NILAI PLURALISME DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PLURALISME DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Studi Analisis Isi terhadap Buku Ajar SKI MA))
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (874kB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PLURALISME DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Studi Analisis Isi terhadap Buku Ajar SKI MA))
BAB II,III,.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (358kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

Realitas kehidupan sosial keagamaan beberapa waktu terakhir terusik oleh berbagai konflik dan pertikaian yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran terhadap pluralitas masyarakat. Pluralisme adalah kenyataan yang tak terbantahkan dan pendidikan selama ini kurang mengakomodir pluralisme dalam kurikulum. Maka untuk penanaman dan pengembangan nilai-nilai pluralisme kepada peserta didik diperlukan cara-cara efektif dan relavan yang tujuannya untuk menumbuhkan sikap saling menghormati, memahami, dan toleransi antar sesama kepada peserta didik baik di dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat maka telaah buku ajar SKI untuk Madrasah Aliyah terhadap nilai-nilai pluralisme ini menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi materi-materi SKI yang terkandung dalam buku ajar SKI untuk Madrasah Aliyah dan mengetahui materi SKI yang mengandung nilai-nilai pluralisme dalam buku ajar SKI untuk Madrasah Aliyah beserta menjelaskan bentuk ideal pembelajaran SKI sebagai salah satu upaya dalam menanamkannilai-nilai pluralisme kepada peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai masukan terhadap pengembangan khasanah keilmuan dalam bidang pendidikan Islam yang akomodatif terhadap nilai-nilai pluralisme. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research), dengan menganalisis isi dari materi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam buku ajar (SKI) untuk Madrasah Aliyah. Pengumpulan data dengan melakukan pengumpulan dokumentasi yang menjadi obyek penelitian. Dari data yang didapat, kemudian dianalisis dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi-materi mata pelajaran SKI dalam buku ajar SKI untuk madrasah mengandung nilai-nilai pluralisme. Adapun materi-materi yang mengandung nilai-nilai pluralisme dalam buku ajar SKI yang berjudul Menjelajahi Peradaban Islam yaitu materi yang terdapat pada bab pertama, bab kedua, bab keempat, bab kelima, bab kedelapan, dan bab kesembilan. Sedangkan materi-materi yang mengandung nilai-nilai pluralisme dalam buku ajar SKI yang berjudul Khasanah Sejarah Kebudayaan Islam yaitu materi yang terdapat pada bab pertama, bab kedua, bab ketiga, bab kelima, dan bab kedelapan. Aplikasi nilai-nilai pluralisme dalam pembelajaran SKI di sekolah menjadi kewajiban bagi Pemerintah, Guru, dan Siswa. Pemerintah mempunyai kewajiban penuh untuk menciptakan sebuah sistem pendidikan yang berorientasi pada pluralisme dengan membuat kurikulum. Guru mempunyai kewajiban untuk menciptakan suasana pembelajaran dengan secara kreatif untuk mengelaborasi materi pembelajaran SKI yang mengandung nilai-nilai pluralisme yaitu dengan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berorientasi pada internalisasi nilai-nilai pluralisme. Serta siswa mempunyai kewajiban untuk selalu menerapkan nilai-nilai yang diajarkan oleh guru mereka di sekolah ke dalam perilaku dan sikap meraka dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: DRS. ROFIK, M.AG
Uncontrolled Keywords: konflik, pluralitas masyarakat, kurikulum, efektif dan relavan, pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 14:52
Last Modified: 08 Aug 2012 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2965

Actions (login required)

View Item View Item