CITRA DIRI ANIES BASWEDAN MELALUI AKUN INSTAGRAM @ANIESBASWEDAN TERHADAP FOLLOWER PADA KAMPANYE PUTARAN PERTAMA PILKADA DKI JAKARTA 2017

HANAFI ROCHMAN, NIM. 13720004 (2017) CITRA DIRI ANIES BASWEDAN MELALUI AKUN INSTAGRAM @ANIESBASWEDAN TERHADAP FOLLOWER PADA KAMPANYE PUTARAN PERTAMA PILKADA DKI JAKARTA 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CITRA DIRI ANIES BASWEDAN MELALUI AKUN INSTAGRAM @ANIESBASWEDAN TERHADAP FOLLOWER PADA KAMPANYE PUTARAN PERTAMA PILKADA DKI JAKARTA 2017)
13720004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (37MB) | Preview
[img] Text (CITRA DIRI ANIES BASWEDAN MELALUI AKUN INSTAGRAM @ANIESBASWEDAN TERHADAP FOLLOWER PADA KAMPANYE PUTARAN PERTAMA PILKADA DKI JAKARTA 2017)
13720004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Munculnya media sosial memberikan kemudahan bagi siapapun untuk saling terkoneksi tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu. Media sosial dalam perjalanannya tidak hanya dijadikan sebagai media komunikasi saja. Seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu calon Gubernur DKI Jakarta 2017 yaitu Anies Baswedan. Anies Baswedan dalam menggunakan media sosial tidak hanya digunakan menjadi media komunikasi atau berinteraksi dengan masyarakat, namun juga dimanfaatkan sebagai media citra diri terhadap follower akun Instagramnya. Hal itu dilakukan dengan cara menampilkan konten-konten yang berkaitan dengan kegiatan keseharian dan kegiatan saat ia berkampanye di masyarakat. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui tahapantahapan citra diri Anies Baswedan melalui akun Instagram @aniesbaswedan terhadap follower pada kampanye putaran pertama Pilkada DKI Jakarta 2017. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi pustaka dengan menggunakan metode analisis semiotik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang berhubungan dengan teks, seperti unggahan foto, komentar di akun Instagram @aniesbaswedan dan juga beberapa literatur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori semiotika Charles Sander Pierce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Anies Baswedan mengkonstruk dirinya menjadi dua kategori dalam unggahannya di Instagram, pertama sebagai pribadi yang agamis dan kedua sebagai pribadi yang nasionalis. Hal itu diperkuat juga melalui komentar yang masuk dari follower-nya. Kemeja putih dan peci hitam menjadi tanda bagi dirinya, dimana dua tanda tersebut dapat dimaknai sebagai berikut; kemeja putih dapat diartikan sebagai kesucian dan kebersihan. Adanya hal itu, warna putih dapat dimaknai bahwa pemakainya sebagai pribadi yang suci dan taat beragama. Peci hitam pertama kali dipopulerkan oleh Bung Karno, peci hitam merupakan simbol kebangsaan. Di era simbolis saat ini, selain digunakan untuk ibadah, peci hitam juga menjadi simbol pemimpinpemimpin di Indonesia, dengan kata lain mereka ingin memperlihatkan bahwa mereka merupakan pemimpin yang memiliki kepribadian baik, bersih dan cinta tanah air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muryanti, M.A.
Uncontrolled Keywords: Citra Diri, Pilkada, Instagram, Follower
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:06
Last Modified: 19 Mar 2018 04:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29651

Actions (login required)

View Item View Item