UPAYA PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MENANGGULANGI TIGA RESIKO KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (STUDI PADA MAN YOGYAKARTA 1)

MUHAMMAD LATHIIF SHIDDIQ, NIM. 13720006 (2017) UPAYA PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MENANGGULANGI TIGA RESIKO KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (STUDI PADA MAN YOGYAKARTA 1). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MENANGGULANGI TIGA RESIKO KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (STUDI PADA MAN YOGYAKARTA 1))
13720006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MENANGGULANGI TIGA RESIKO KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (STUDI PADA MAN YOGYAKARTA 1))
13720006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Pada masa sekarang ini, kenakalan remaja sudah tidak asing lagi ditengah–tengah masyarakat, terutama di lingkungan sekolah. Berbagai upaya telah dilakukan orang tua ataupun oleh masyarakat itu sendiri. Bahkan, sudah banyak sekolah- sekolah yang mengupayakan dengan berbagai cara untuk menanggulangi masalah kenakalan remaja tersebut, salah satunya yaitu melalui Pusat Informasi dan Konseling sebagai suatu wadah kegiatan menjadikan remaja yang tegar remaja. Permasalahan yang ada pada penelitian adalah bagaimana upaya Pusat Informasi dan Konseling Remaja Exalta dalam menanggulangi Tiga Resiko Kesehatan Remaja (TRIAD KRR) di MAN Yogyakarta 1. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja Exalta dalam menjalankan upaya yang telah direncanakan atau telah dibuat. Penelitian ini bersifat kualitataif deskriptif yang berupa gambar, kalimat, foto dan catatan lainnya. Data didapatkan melalui observasi lapangan serta wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Struktural Fungsional milik Talcoot Parsons yang menjelaskan mengenai skema AGIL untuk meganalisis sejauh mana upaya tersebut berjalan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya Pusat Informasi dan Konseling Remaja Exalta untuk menanggulangi TRIAD KRR memiliki bentuk program-program secara pencegahan dan pembinaan. Adapaun bentuk upaya secara pencegahan diantaranya sosialisasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja Exalta, Penyuluhan TRIAD KRR bahaya NAPZA seksualitas dan HIV/AIDS, Anesa Cup. Adapun bentuk upaya secara pembinaan diantaranya layanan konsultasi, layanan mediasi, cek kesehatan bagi siswa-siswi guru dan karyawan MAN Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Yayan Suryana, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Upaya, Menanggulangi TRIAD KRR, Pusat Informasi dan Konseling Remaja
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:09
Last Modified: 19 Mar 2018 04:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29652

Actions (login required)

View Item View Item