STRATEGI KELOMPOK PETANI KARET DALAM MENGHADAPI FLUKTUASI HARGA KARET (STUDI DESA LEKIS REJO. KEC. LUBUK RAJA. KAB. OGAN KOMERING ULU. SUMATERA SELATAN)

DATIK NUR SITI RODIYAH, NIM. 13720040 (2017) STRATEGI KELOMPOK PETANI KARET DALAM MENGHADAPI FLUKTUASI HARGA KARET (STUDI DESA LEKIS REJO. KEC. LUBUK RAJA. KAB. OGAN KOMERING ULU. SUMATERA SELATAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KELOMPOK PETANI KARET DALAM MENGHADAPI FLUKTUASI HARGA KARET (STUDI DESA LEKIS REJO. KEC. LUBUK RAJA. KAB. OGAN KOMERING ULU. SUMATERA SELATAN))
13720040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KELOMPOK PETANI KARET DALAM MENGHADAPI FLUKTUASI HARGA KARET (STUDI DESA LEKIS REJO. KEC. LUBUK RAJA. KAB. OGAN KOMERING ULU. SUMATERA SELATAN))
13720040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan Negara agraris, sebagai negara agrasis, sektor pertanian memegang peran penting dalam perekonomian Negara. Karet merupakan salah satu hasil pertanian dan harga jual karet dapat mempengaruhi penghasilan petani. Harga karet di Desa Lekis Rejo mengalami fluktuasi dari tahun ketahun. Sebagai bentuk strategi untuk menguragi dampak dari fluktuasi harga karet, petani membentuk suatu kelompok. Kelompok tani membantu petani untuk bertahan dalam situasi krisis ekonomi yang disebabkan fluktuasi harga karet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kelompok petani karet dalam menghadapi fluktuasi harga karet. Adapun metode yang digunakan yaitu kualitatif bersifat deskriptif dengan menggambarkan fenomena yang ada. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kelompok petani karet di Desa Lekis Rejo melakukan kerjasama dengan pihak yang terkait. Adapun pihak yang terkait adalah masyarakat, Koperasi, Distributor pupuk dan tengkulak. Kelompok tani mempunyai solidaritas yang didasari dengan perasaan yang sama, kesamaan kepentingan, kondisi lingkungan, ekonomi dan sumber daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Petani karet, Fluktuasi Harga, Strategi, Solidaritas
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Mar 2018 03:27
Last Modified: 20 Mar 2018 03:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29659

Actions (login required)

View Item View Item