KONSEP KESELAMATAN ORANG TUA NABI MUHAMMAD MENURUT SYI‘AH ISNA ASYARIYYAH (STUDI ATAS KITAB TAFSIR MAJMA‘ AL-BAYAN KARYA ABU ‘ALI AL-FADL BIN AL-HASAN AL-TABRISI)

AGUS SETIADI, NIM. 13530157 (2017) KONSEP KESELAMATAN ORANG TUA NABI MUHAMMAD MENURUT SYI‘AH ISNA ASYARIYYAH (STUDI ATAS KITAB TAFSIR MAJMA‘ AL-BAYAN KARYA ABU ‘ALI AL-FADL BIN AL-HASAN AL-TABRISI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KESELAMATAN ORANG TUA NABI MUHAMMAD MENURUT SYI‘AH ISNA ASYARIYYAH (STUDI ATAS KITAB TAFSIR MAJMA‘ AL-BAYAN KARYA ABU ‘ALI AL-FADL BIN AL-HASAN AL-TABRISI))
13530157_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KESELAMATAN ORANG TUA NABI MUHAMMAD MENURUT SYI‘AH ISNA ASYARIYYAH (STUDI ATAS KITAB TAFSIR MAJMA‘ AL-BAYAN KARYA ABU ‘ALI AL-FADL BIN AL-HASAN AL-TABRISI))
13530157_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tema konsep keselamatan orang tua Nabi Muhammad dalam khazanah keilmuan Islam, pada dasarnya telah banyak dikaji oleh kalangan muhaddis dan mufassir terutama dari kalangan Sunni. Sunni mengetengahkan adanya takwil atau naskh terhadap hadis dan / atau ayat al-Qur’an yang menempatkan orang tua Nabi Muhammad sebagai golongan yang tidak terselamatkan dari api neraka. Dalam membangun salah satu argumen akan konsep keselamatan orang tua Nabi Muhammad, kalangan Sunni juga menyatakan bahwa mereka mengutip dari kalangan Syi‘ah Rafidah. Sementara di kalangan Syi‘ah Imamiyyah Isna ‘Asyariyyah sendiri, sebagai kelompok Syi‘ah yang sering dikaitkan dengan kelompok Syi‘ah Rafidah, dengan prinsip al-‘Ismah-nya telah menjadi satu kelompok muslim yang sangat mengagungkan keluarga Nabi Muhammad justru tidak banyak merespon tema ini. Untuk itu penting untuk mengkaji kembali konsep keselamatan orang tua Nabi Muhammad di kalangan Syi‘ah Imamiyyah Isna ‘Asyariyyah. Fokus penelitian ini mengenai konsep keselamatan orang tua Nabi Muhammad yang diusung oleh kalangan Syi‘ah Imamiyyah Isna ‘Asyariyyah dalam tafsir Majma‘ al-Bayan karya Abu Ali al-Fadl bin al-Hasan al-Tabrisi. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis data deskriptif-analitis. Penelitian ini dibatasi pada lima ayat yang oleh beberapa mufassir telah dikaitkan dengan konsep keselamatan orang tua Nabi Muhammad yaitu QS al-Ahzab [33] : 33, QS al-Taubah [9] : 113, QS al-An‘am [6] : 74 dan QS al-Syu‘ara’ [26]: 218-219. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, al-Tabrisi tidak pernah sekalipun menyebutkan atau membahas secara langsung konsep keselamatan orang tua Nabi Muhammad SAW, meskipun al-Tabrisi menyebutkan tentang sabda Nabi Muhammad yang menyatakan bahwa seluruh moyang para nabi adalah bertauhid kepada Allah SWT dan suci dari perzinahan, penyebutan pendapat ini oleh al-Tabrisi hanya menjadi bagian dari perbedaan pendapat yang muncul di kalangan muslim semata yang sedang dipaparkannya, bukan pada kesimpulan dan atau pendapat yang dipilih oleh al-Tabrisi. namun pengutipan al-Tabrisi atas sabda Nabi Muhammad ini, di kalangan Sunni seperti al-Suyuti kemudian disimpulkan lebih jauh dengan menyatakan bahwa ayat ini merupakan legitimasi akan keselamatan orang tua Nabi Muhammad. Kedua, keterjagaan moyang Nabi Muhammad oleh al-Tabrisi tidak sekalipun dinyatakan sebagai suatu kema‘suman. Ketiga, Majma‘ al-Bayan karya Abu Ali al-Fadl bin al-Hasan al-Tabrisi, cukup tepat untuk merepresentasikan pandangan Syi‘ah Imamiyyah Isna Asyariyyah pada umumnya, karena meskipun al-Tabrisi dalam beberapa hal berbeda pendapat dengan kalangan mufassir Syi‘ah Isna Imamiyyah Asyariyyah, pembelaan al-Tabrisi atas kalangannya lebih dominan tampak, selain itu dalam hal konsep keselamatan orang tua Nabi Muhammad pendapat al-Tabrisi ini juga sama dengan kitab-kitab tafsir utama Syi‘ah Imamiyyah Isna Asyariyyah yang lainnya.Wallahu A’alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Muhammad Mansur M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Orang Tua Nabi Muhammad, Menurut Syi‘ah Isna Asyariyyah, Kitab Tafsir Majma‘ al-Bayan, Karya Abu ‘Ali Al-Fadl bin Al-Hasan Al-Tabrisi
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Mar 2018 10:22
Last Modified: 20 Mar 2018 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum