“ PERUBAHAN EKONOMI, PENDIDIKAN DAN GAYA HIDUP MASYARAKAT DESA DENGAN ADANYA BURUH MIGRAN“ (STUDI BANDING DESA TRACAP, KALIWIRO DAN DESA KADIPATEN, SELOMERTO DI KABUPATEN WONOSOBO)

ALIF YAHYA, NIM. 13720050 (2017) “ PERUBAHAN EKONOMI, PENDIDIKAN DAN GAYA HIDUP MASYARAKAT DESA DENGAN ADANYA BURUH MIGRAN“ (STUDI BANDING DESA TRACAP, KALIWIRO DAN DESA KADIPATEN, SELOMERTO DI KABUPATEN WONOSOBO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“ PERUBAHAN EKONOMI, PENDIDIKAN DAN GAYA HIDUP MASYARAKAT DESA DENGAN ADANYA BURUH MIGRAN“ (STUDI BANDING DESA TRACAP, KALIWIRO DAN DESA KADIPATEN, SELOMERTO DI KABUPATEN WONOSOBO))
13720050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (“ PERUBAHAN EKONOMI, PENDIDIKAN DAN GAYA HIDUP MASYARAKAT DESA DENGAN ADANYA BURUH MIGRAN“ (STUDI BANDING DESA TRACAP, KALIWIRO DAN DESA KADIPATEN, SELOMERTO DI KABUPATEN WONOSOBO))
13720050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Masyarakat desa sampai saat ini mayoritas masih berprofesi sebagai petani. Berkembangnya waktu membuat pekerjaan sebagai petani tidak menjanjikan. Pendapatan yang dihasilkan dari bertani tidak mencukupi pemenuhan kehidupan sehari-hari. Sedangkan kebutuhan setiap hari semakin bertambah. Akibat hal tersebut, masyarakat desa mulai banyak beralih bekerja menjadi buruh migran. Perbaikan ekonomi menjadi salah satu alasan yang paling kuat warga desa untuk berangkat menjadi buruh migran. Oleh karena itu, buruh migran menjadi soslusi yang dianggap tepat bagi kemajuan masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh buruh migran terhadap masyarakat desa di bidang pendidikan, ekonomi dan gaya hidup. Penelitian ini dilakukan di Desa Tracap, Kecamatan Kaliwiro dan Desa Kadipaten, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif serta menggunakan teknik studi perbandingan untuk melihat fenomena yang ada. Teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer yang ada yaitu dari hasil wawancara buruh migran serta masyarakat domestik dari kedua desa. Data yang sudah ada dianalisis dan diolah menggunakan teori perubahan sosial dari Himes dan Moore tentang tiga pendekatan yaitu Struktural, Kultural dan Interaksional. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh yang ditunjukan oleh buruh migran terhadap masyarakat desa cukup besar. Pada dasarnya baik masyarakat Desa Tracap dan Desa Kadipaten memiliki tingkat ekonomi, pendidikan dan gaya hidup yang hampir sama. Terutama pada aspek ekonomi dan pendidikan, masyarakat Desa Tracap dan Desa Kadipaten merupakan masyarakat kelas menengah kebawah dengan pendapatan dan tingkat pendidikan yang masih rendah. Buruh migran sendiri memberikan perubahan dalam bidang ekonomi terutama bagi keluarga buruh migran itu sendiri. Sementara di bidang pendidikan dan gaya hidup buruh migran juga berpengaruh terhadap masyarakat desa. Termasuk memberikan motivasi bagi masyarakat desa untuk mengikuti kesuksesan dari buruh migran. Namun perbedaan mendasar dari perubahan tersebut adalah keterkaitan organisasi buruh migran dalam mempengaruhi perubahan masyarakat desa. Desa Tracap mempunyai organisasi mantan buruh migran yang juga di dalamnya banyak melibatkan masyarakat desa secara luas baik dalam bidang ekonomi maupun pendidikan. Sedangkan di Desa Kadipaten tidak memiliki organisasi buruh migran yang berdampak pada minimnya pengaruh buruh migran terhadap masyarakat desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muryanti, M.A
Uncontrolled Keywords: Masyarakat desa, Buruh Migran, Perubahan sosial dan Perempuan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Mar 2018 03:36
Last Modified: 20 Mar 2018 03:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29664

Actions (login required)

View Item View Item