PERAN PENDIDIK DALAM PEMBENTUKAN MORAL ANAK DI PLAY GROUP AMONG PUTRO NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

ATIK PRASETYANINGSIH - NIM. 05410045, (2009) PERAN PENDIDIK DALAM PEMBENTUKAN MORAL ANAK DI PLAY GROUP AMONG PUTRO NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan saat ini hanya dijadikan sebagai panggung pentas dalam memperoleh rangking di sekolah. Padahal lebih dari itu pendidikan seharusnya dimaknakan sebagai upaya mendidik generasi penerus bangsa yang bermoral tinggi. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah materi apa saja yang diajarkan pendidik, apa saja peran pendidik, dan bagaimana langkah-langkah yang dilakukan pendidik dalam pembentukan moral anak di Play Group Among Putro Ngemplak Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis data-data yang telah diperoleh tentang peran pendidik dalam pembentukan moral anak di Play group Among Putro Ngemplak Sleman Yogyakarta serta materi yang diajarkan dalam pembentukan moral sehingga dapat diketahui juga mengenai langkah-langkah konkrit yang telah dilakukan pendidik dalam upaya pembentukan moral anak di Play Group Among Putro Ngemplak Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan tentang orang-orang atau perilaku yang diamati yaitu pendidik dan peserta didik di Play Group Among Putro. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, dan untuk teknik analisis data dipergunakan teknik deskriptik analitik yaitu teknik analisis data dengan menuturkan, menafsirkan serta mengklasifikasikan, dan membandingkan fenomena-fenomena serta dengan menggunakan pemikiran secara induktif, yang cara berfikirnya berangkat dari faktor-faktor atau peristiwa yang khusus, yang kemudian ditarik kesimpulan yang umum. Hasil penelitian menunjukan: (1) Materi yang diajarkan pendidik dalam pembentukan moral anak di Play Group Among Putro antara lain adalah moral terhadap pendidik, moral terhadap teman sebaya, dan moral terhadap diri sendiri. (2) Peran pendidik dalam pembentukan moral anak di Play Group Among Putro antara lain adalah peran pendidik sebagai pengarah, pendidik sebagai pembimbing, pendidik sebagai pendorong, dan pendidik sebagai pemantau. (3) Langkah-langkah yang dilakukan pendidik dalam pembentukan moral anak di Play Group Among Putro antara lain adalah pendidik mengajarkan moral setiap saat kepada anak didiknya tanpa harus diajarkan dalam satu mata pelajaran khusus., pendidik memberikan pembelajaran mengenai moral dalam bentuk praktis, pendidik menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, dan metode cerita, pendidik memberikan nasehat dan teguran kepada anak didiknya serta pendidik bekerjasama dengan orang tua dalam membentuk moral anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: DRS. NUR MUNAJAT, M.SI
Uncontrolled Keywords: pendidikan anak, Play Group Among Putro Ngemplak, pembentukan moral anak
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2969

Actions (login required)

View Item View Item