MAHAR SIMBOLIK DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT BUGIS DI KABUPATEN BONE SULAWESI SELATAN (STUDI KASUS PEMBERIAN MAHAR TANAH YANG BERSTATUS HARTA ORANG TUA KEPADA MEMPELAI WANITA)

RASDIANA, SHI, NIM. 1520311079 (2017) MAHAR SIMBOLIK DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT BUGIS DI KABUPATEN BONE SULAWESI SELATAN (STUDI KASUS PEMBERIAN MAHAR TANAH YANG BERSTATUS HARTA ORANG TUA KEPADA MEMPELAI WANITA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAHAR SIMBOLIK DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT BUGIS DI KABUPATEN BONE SULAWESI SELATAN (STUDI KASUS PEMBERIAN MAHAR TANAH YANG BERSTATUS HARTA ORANG TUA KEPADA MEMPELAI WANITA))
1520311079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MAHAR SIMBOLIK DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT BUGIS DI KABUPATEN BONE SULAWESI SELATAN (STUDI KASUS PEMBERIAN MAHAR TANAH YANG BERSTATUS HARTA ORANG TUA KEPADA MEMPELAI WANITA))
1520311079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Mahar merupakan hak bagi setiap perempuan yan telah dinikahi oleh laki-laki. keberadaan mahar sebagai hak perempuan merupakan akibat terjadinya perkawinan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan. oleh karena itu mahar wajib untuk diserahkan kepada pihak perempuan. Dalam aturan Hukum Islam tidak ada barang atau benda khusus yang harus dijadikan mahar, selama barang atau benda tersebut tidak bertentang dengan Hukum Islam maka boleh dijadikan mahar dalam perkawinan. Begitupun juga mengenai ukuran mahar, tidak ada jumlah minimal ataupun maksimal yang ditentukan dalam Hukum Islam untuk dijadikan mahar. Sehingga masyarakat Bugis di Kabupaten Bone menjadikan tanah sebagai mahar karena tanah sebagai mahar karena tidak bertentangan dalam Hukum Islam. Hanya saja yang menjadi permasalahan adalah kebiasaan masyarakat Bugis di Kabupaten Bone menjadikan tanah sebagai mahar merupakan harta milik orang tua. Sehingga pihak perempuan tidak bisa secara langsung memiliki tanah tersebut yang merupakan haknya. Berawal dari latar belakang tersebut sehingga penulis tertarik untuk membahas serta mengkaji mengenai "Mahar Simbolik Dalam Perkawinan Masyarakat Bugis di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan". Dalam pembahasan tersebut akan dibahas mengenai bagaimana kedudukan mahar tanah dalam masyarakat Bugis di Kabupaten Bone dan Bagaimana dampak yang timbulkan akibat penundaan pemberian mahar tersebut. Adapun itu metode dan teori yang digunakan dalam membahas permasalahan tersebut adalah dengan metode Penelitian Kualitatif dan menggunakan teori Sosiologi-Hukum-Islam. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dilapangan maka, disimpulkan bahwa pemberian mahar tanah di masyarakat Bugis di kabupaten Bone sangatlah tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah angka pemberian mahar tanah yang bisa mencapai seperdua dari jumlah angka peristiwa nikah setiap bulannya. Pemberian mahar tanah ini sudah dilakukan sejak lama oleh masyarakat yang kemudian masih dipertahankan sampai dengan saat ini. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap pemberian mahar tanah dilakukan karena bagi mereka tanah tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi dimasyarakat. Tanah tersebut merupakan sumber mata pencaharian bagi kebanyakan masyarakatnya, kemudian tanah tersebut juga menjadi simbol kekayaan bagi masyarakat. Maka dari itu, tanah tersebut merupakan suatu harta yang memiliki nilai yang tinggi di masyarakat Bugis di kabupaten Bone. kebiasaan masyarakat menjadikan tanah sebagai mahar dalam perkawinan bukalah sesuatu hal yang buruk, hanya saja dalam proses pelaksanannya yang tidak sesuai dengan aturan dalam hukum Islam, yaitu adanya penundaan pemberian mahar tanah tersebut setelah dilaksanakan akad pernikahan. Kemudian akibat adanya penundaan tersebut maka pihak perempuan seringkali mengalami kerugian jika terjadi sebuah konflik internal dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. MOCHAMMAD SODIK., S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Mahar Tanah, Harta Milik Orang Tua, Simbol Kebudayaan, dan Hak isteri.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Mar 2018 14:43
Last Modified: 22 Mar 2018 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum