TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP FLUKTUASI HARGA ( STUDI KASUS PEDAGANG MAKANAN DI ALUN-ALUN KABUPATEN KLATEN )

FATCHUL MUBAROK, NIM. 10380018 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP FLUKTUASI HARGA ( STUDI KASUS PEDAGANG MAKANAN DI ALUN-ALUN KABUPATEN KLATEN ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP FLUKTUASI HARGA ( STUDI KASUS PEDAGANG MAKANAN DI ALUN-ALUN KABUPATEN KLATEN ))
10380018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP FLUKTUASI HARGA ( STUDI KASUS PEDAGANG MAKANAN DI ALUN-ALUN KABUPATEN KLATEN ))
10380018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Praktek para penjual makanan dengan sengaja memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan untuk mengambil keuntungan dapat dilihat dalam praktek bermasyarakat yang memanfaatkan trotoar di alun-alun kabupaten klaten. Adanya praktek kenaikan harga ketika adanya acara Ramai dan sepi sebagai alasan para pedagang memainkan harga bisa saja harga itu menjadi murah dan menjadi mahal ini di sebabkan dengan adanya berbagai macam acara yang sedang terjadi misalnya, pertunjukan wayang kulit, upacara, dan banyaknya pengunjung yang datang ini menjadikan harga melambung tinggi di banding dengan hari biasadan pembeli yang membayar seteleh menikmati makanan diharapkan mengetahui harga lebih awal dan lebih jelas mengetahui praktek yang dilakukan antara penjual dan pembeli. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari penelitian langsung pada kegiatan di lapangan dengan lokasi penelitian alun-alun kabupaten klaten sebagai sumber Primer, sedangkan data Sekunder adalah buku-buku fiqh dan buku-buku lainnya yang secara langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan pokok permasalahan. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan normatif. Data yang sudah terkumpul dianalisa dengan metode deskriptif normatif menggunakan pola berfikir deduktif yaitu pengumpulan data yang bersifat umum yang berupa Al-Qur‟an, Hadits dan hukum perlindungan konsumen, kemudian diaplikasikan pada masalah yang dibahas untuk mendapatkan kesimpulan yang khusus. Hasil dari penelitian ini Pertama, Hasil dari penelitian menurut hukum Islam praktek jual beli fluktuasi harga Dalam prakteknya yang kurang mengenal hukum dari pihak penjual makanan ini sangat disayangkan sekali ketika kesepakatan harga yang harusnya dari kedua belah pihak berganti menjadi satu pihak saja yaitu penjual saja. Sehingga dalam prakteknya ada praktek kecurangan yang terjadi dan dapat menimbulkan rusaknya aqad jual beli yang awalnya halal menjadi haram. Kedua, Menurut Hukum Perlindungan Konsumen praktek jual beli fluktuasi harga dalam praktek yang terjadi harus dilandasi dengan itikad baik dan tidak mengurangi hak dan kewajiban. Sehingga dari segi pembeli makanan sangat dirugikan ketika harga naik secara tidak wajar dalam prakteknya, walaupun hanya sebatas kasus atau praktek yang tergolong kecil namun sudah termasuk wanprestasi dari pihak penjual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Saifuddin. S. H. I., M. SI.
Uncontrolled Keywords: Praktek para penjual makanan
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 Apr 2018 02:24
Last Modified: 02 Apr 2018 02:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29744

Actions (login required)

View Item View Item