TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERBEDAAN HARGA JUAL SEMBAKO GROSIR DAN ECERAN (STUDI KASUS DI TOKO SEMBAKO MINGGIRAN KOTA YOGYAKARTA)

NUR MIFCHAN SOLICHIN, NIM. 12380071 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERBEDAAN HARGA JUAL SEMBAKO GROSIR DAN ECERAN (STUDI KASUS DI TOKO SEMBAKO MINGGIRAN KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERBEDAAN HARGA JUAL SEMBAKO GROSIR DAN ECERAN (STUDI KASUS DI TOKO SEMBAKO MINGGIRAN KOTA YOGYAKARTA))
12380071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERBEDAAN HARGA JUAL SEMBAKO GROSIR DAN ECERAN (STUDI KASUS DI TOKO SEMBAKO MINGGIRAN KOTA YOGYAKARTA))
12380071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Jual-beli merupakan suatu kegiatan yang sangat sering dilakukan. Dalam jual-beli, penentuan harga barang harus memenuhi keadilan. Toko Sembako Minggiran dalam menjualbelikan barang dagangannya menerapkan perbedaan harga jual dalam penjualan barang secara grosir dan eceran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan harga bahan pokok ukuran grosir dan eceran di Toko Sembako Minggiran. Kemudian bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap perbedaan harga tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Bertujuan untuk mendeskripsikan apa yang terjadi di masyarakat, dengan cara mencatat, menganalisis, dan menginterpretasikan tentang perbedaan harga dalam jual-beli sembako grosir dan eceran di Toko Sembako Minggiran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik editing dan sistematisasi data (sistematizing). Adapun analisis data secara kualitatif dengan pendekatan berfikir metode induktif. Hasil penelitian di Toko Sembako Minggiran menunjukkan bahwa harga eceran lebih tinggi dibandingkan harga grosir. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pedagang mengambil untung lebih tinggi pada penjualan eceran dikarenakan tenaga yang dibutuhkan lebih besar sehingga tidak bertentangan dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. KHOLID ZULFA, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, perbedaan harga, grosir dan eceran
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:42
Last Modified: 04 Apr 2018 01:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29746

Actions (login required)

View Item View Item