ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MERESPON GLOBALISASI (STUDI KOMPARATIF DI SMK MA’ARIF 1 YOGYAKARTA DAN SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN)

MUHAMAD KHOLIF SUHADHA, NIM. 13490040 (2017) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MERESPON GLOBALISASI (STUDI KOMPARATIF DI SMK MA’ARIF 1 YOGYAKARTA DAN SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MERESPON GLOBALISASI (STUDI KOMPARATIF DI SMK MA’ARIF 1 YOGYAKARTA DAN SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN))
13490040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MERESPON GLOBALISASI (STUDI KOMPARATIF DI SMK MA’ARIF 1 YOGYAKARTA DAN SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN))
13490040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Muhamad Kholif, Analisis Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Upaya Merespon Globalisasi (Studi Komparatif di SMK Ma'arif 1 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 1 Sleman). Skripsi. Yogyakarta:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Globalisasi merupakan hasil dari aktifitas manusia dalam perkembangan keilmuan pada bidang tekhnologi. Persaingan lembaga pendidikan yang terjadi di Indonesia saat ini merupakan salah satu dampak dari globalisasi, sehingga lembaga pendidikan baru muncul mengikuti pasar dari masyarakat yang telah mendapat refrensi tentang lembaga pendidikan secara luas dari seluruh dunia melalui tekhnologi informasi. Sedangkan informasi yang di peroleh belum tentu sesuai terhadap kebutuhan masyarakat itu sendiri. Lalu bagaimana lembaga pendidikan Islam swasta yang dahulu menjadi pilihan masyarakat dalam menjaga keberlangsungan serta eksistensinya di tengah persaingan lembaga pendidikan saat ini? Dilihat dari permasalahan ini, pemasaran jasa pendidikan adalah solusi serta hal yang wajib dilaksanakan untuk menjaga keberlangsungan suatu lembaga pendidikan, marketing mix atau bauran pemasaran adalah jenis strategi dari perpaduan strategi pemasaran barang yang di asosiasikan dengan jasa, sehingga menjadi perpaduan yang tepat menjadi strategi pemasaran bidang jasa pendidikan untuk merespon persaingan lembaga pendidikan pada era globalisasi saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus di SMK Ma’arif 1 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data (data display) dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, SMK Ma’arif 1 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 1 Sleman menjalankan strategi pemasaran jasa pendidikan jenis bauran pemasaran atau marketing mix guna merespon globalisasi, hal ini ditunjukan dengan komponen strategi pemasaran yang dijalankan yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process. Kedua, pelaksanaan pemasaran SMK Muhammadiyah 1 Sleman berdampak positif ditunjukan dengan meningkatnya jumlah peserta didik baru, tenaga pendidik dan kependidikan muda yang inovatif dan mampu mengikuti perkembangan tekhnologi saat ini adalah salah satu kunci dari hasil positif dalam pemasaran jasa pendidikan SMK Muhammadiyah 1 Sleman di era globalisasi, sedangkan SMK Ma’arif 1 Yogyakarta menunjukan hasil relatif sama dari tahunketahun karena terkendala dalam komponen physical evidence yaitu sarana gedung yang masih terbatas, sehingga SMK Ma’arif 1 Yogyakarta memberi batasan jumlah dalam penerimaan peserta didik baru, namun di sisi lain SMK Ma’arif 1 Yogyakarta dengan inovasi pembelajarannya dapat menghasilkan siswa yang mampu bersaing dalam bidang prestasi sehingga menjadi daya tarik serta memaksimalkan komponen bauran pemasaran yaitu product.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Globalisasi, Pemasaran Jasa Pendidikan, Marketing Mix
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Apr 2018 13:54
Last Modified: 09 Apr 2018 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29775

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum