ALUMNI JURUSAN SKI LULUSAN 1974-1983 FAKULTAS ADAB IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN KIPRAHNYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

VITA PUTERI WARDANA, NIM. 13120029 (2018) ALUMNI JURUSAN SKI LULUSAN 1974-1983 FAKULTAS ADAB IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN KIPRAHNYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ALUMNI JURUSAN SKI LULUSAN 1974-1983 FAKULTAS ADAB IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN KIPRAHNYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA)
13120029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ALUMNI JURUSAN SKI LULUSAN 1974-1983 FAKULTAS ADAB IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN KIPRAHNYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA)
13120029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ALUMNI JURUSAN SKI LULUSAN 1974-1983 FAKULTAS ADAB IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN KIPRAHNYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Kehadiran perguruan tinggi Islam di Indonesia merupakan warna baru terhadap dunia pendidikan. Kelembagaan pendidikan Islam pada masa awal baru berupa surau, pesantren, dan sebagainya. Selanjutnya setelah Indonesia merdeka, pemerintah mulai mengelola segala aspek yang termasuk dalam pendidikan begitu juga pendidikan Islam. Komponen-komponen yang termasuk di dalamnya terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Salah satu komponennya tersebut adalah jurusan pada perguruan tinggi Islam. Jurusan pada masa awal terbilang masih umum, hingga terjadi pengkhususan secara lebih terperinci seiring dengan perubahan yang terjadi pada perguruan tinggi Islam di Indonesia. Perubahan tersebut dimulai dari Sekolah Tinggi Islam (STI) hingga menjadi Institusi Agama Islam Negeri (IAIN). Pada masa IAIN, dibukalah jurusan yang mengkaji Islam dari sisi sejarah dan kebudayaannya yaitu Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI). Jurusan tersebut merupakan jurusan yang terdapat pada Fakultas Adab IAIN, khususnya yang ada di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dirujuk dari tahun 1974-1983, Jurusan SKI telah mampu meluluskan alumninya yang ahli pada bidangnya, diantaranya bidang pendidikan. Kiprah para alumni tersebut merupakan hal yang unik untuk diteliti. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengkaji para alumni Jurusan SKI dan kiprahnya secara lebih mendalam, meliputi gambaran umum IAIN Sunan Kalijaga pada masa itu, kondisi Jurusan SKI, dan kiprah alumni dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah, mengenai kiprah alumni Jurusan SKI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Sosiologi. Pendektan tersebut digunakan untuk meneliti kelompok intelekual yang ada pada salah satu aspek lembaga pendidikan tinggi. Konsep yang dipilih dari penelitian ini adalah konsep jurusan dan kiprah. Teori peranan sosial yang dikemukakan oleh Erving Goffman merupakan teori yang dipilih untuk penelitian ini. Penelitian ini merupaka penelitian sejarah sehingga metode yang digunakan adalah metode sejarah. Metode sejarah memiliki beberapa tahapan di dalamnya, yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. IAIN merupakan perwujutan nyata yang disempurnkana oleh para tokohtokoh Islam di Indonesia dalam mengembangkan perguruan tinggi Islam dari tahun 1945-1960. Alumni dari IAIN, telah menunjukkan kiprahnya dalam berbagai bidang. Salah satunya alumni Jurusan SKI Fakultas Adab lulusan 1974-1983 yang berkiprah dalam pendidikan Islam. Kiprah tersebut terlihat dari profesi alumni dalam dunia pendidikan, yaitu sebagai seorang pengajar. Walaupun tidak dalam jumlah banyak, kiprah alumni tersebut cukup memberikan sumbangannya di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Mundzirin Yusuf, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kripah alumni Fakultas Adab, lulusan 1974 - 1983
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Apr 2018 11:01
Last Modified: 18 Apr 2018 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29819

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum