PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA DE’HALAL MART YOGYAKARTA

LUTFI MAHDA HANDAYANI, NIM. 13240060 (2018) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA DE’HALAL MART YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA DE’HALAL MART YOGYAKARTA)
13240060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA DE’HALAL MART YOGYAKARTA)
13240060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Lutfi Mahda Handayani 13240060, "Etika Bisnis Islam Pada De’Halal Mart Yogyakarta". Skripsi. Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2017. Memiliki usaha merupakan impian dari banyak orang, karena memiliki usahan kelak akan mendatangkan banyak keuntungan bagi seseorang yang tejun kedalamnya, sehingga banyak yang menghalalkan berbagai cara demi mendpat keuntungan yang berlipat dengan pemikiran yang seperti itu membuat para pengsaha melupakan etika dalam berbisnis. Karena hal-hal semacam ini akan membuat para pemilik usaha kecil menjadi semakin tersingkir, maka pemerintah membuat kebijakan yang berada ditengah yakni dengan mengeluarkan UU No 5 tahun 1999 tentang laranga praktek monopoli dan persaingan tidak sehat, selain itu juga mengeluarkan UU No 53/MDah/ PER/12/2008 dan didukung dengan pembentukan KPPU (Komisi Pengawasan Persaingan Usaha) serta Perda Sleman 18 tahun 2012 untuk memepermudah dalam pengelolaan ekomoni di wilayah Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik penggumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisi kualitatif dengan menyampaiakan dalam bentuk kalimat sederhana sehingga mampu dengan mudah untuk dipahami dan dapat diambil kesimpulan sebgai hasil penelitian. Untuk menuji keabsahan data yang diperoleh peneliti menggunakan teknik keajegan pengamata pada subjek penelitian. Setelah melakukan penelitian, maka dapat diketahui bahwa De’Halal Mart telah mengimplementasikan sistem operasionalnya sesuai dengan etika bisnis islam seperti tauhid, keadilan, tanggungjawab, kebebasan, kebenaran, dan ihsan. Namun untuk implementasi pada UU No 53/M-Dag/PER/12/2008 De’Halal Mart sudah banyak menjalankan, namun ada beberapa yang butuh disempurnakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Muhammad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Etika Bisnis Islam, De’Halal Mart
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2018 13:55
Last Modified: 19 Apr 2018 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum