PENGARUH THE BIG FIVE PERSONALITY TERHADAP ORGANIZATION COMMITMENT PADA KARYAWAN TATA USAHA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

ARIF AGUNG ROCHMANI, NIM. 13240099 (2018) PENGARUH THE BIG FIVE PERSONALITY TERHADAP ORGANIZATION COMMITMENT PADA KARYAWAN TATA USAHA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH THE BIG FIVE PERSONALITY TERHADAP ORGANIZATION COMMITMENT PADA KARYAWAN TATA USAHA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13240099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH THE BIG FIVE PERSONALITY TERHADAP ORGANIZATION COMMITMENT PADA KARYAWAN TATA USAHA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13240099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Arif Agung Rochmani (13240099), Pengaruh The Big Five Personality Terhadap Organization Commitment Pada Karyawan TU di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. The Big Five Personality dapat diartikan sebagai seperangkat karakteristik individu yang terdiri dari pola-pola pikiran, perasaan, dan perilaku yang terwakili dalam lima besar kepribadian. The Big Five Personality dapat menjadi tolak ukur apakah karyawan memiliki sifat kerja yang positif seperti kerja keras, komitmen dan dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan dan sikap kerja lainnya yang tentu saja hal ini dapat memberikan keuntungan bagi individu itu sendiri dan organisasi. Organization Commitment merupakan sikap yang merefleksikan loyalitas karyawan pada organisasi dan keinginan untuk tetap bertahan pada organisasi tersebut. Organization Commitment mampu mempengaruhi aspek-aspek yang ada di dalam organisasi, seperti kinerja karyawan, komitmen terhadap organisasi, dan motivasi dalam bekerja. Organization Commitment juga mampu untuk meningkatkan komitmen karyawan terhadap organisasi, hal itu akan berdampak pada meningkatnya loyalitas serta motivasi dalam bekerja. Sehingga jika komitmen karyawan tinggi, maka akan meningkatnya motivasi bekerja karyawan dan hal itu secara otomatis akan meningkatkan juga kinerja karyawan di dalam organisasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif .Instrumen penelitan yang digunakan menggunakan angket kuesioner yang disebarkan pada 100 karyawan tata usaha di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selanjutnya data diuji dengan SPSS versi 21.0 for windows. Adapun uji yang dilakukan, diantaranya uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas uji heteroskedastisitas, uji regresi sederhana, uji hipotesis, uji t (parsial), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan variabel The Big Five Personality memiliki pengaruh yang positif sebesar 0,800 dengan Organization Commitment memiliki nilai konstanta -5.485. Signifikansi pengaruh The Big Five Personality terhadap x Organization Commitment berdasarkan uji koefisien determinasi menunjukkan angka 0,540 atau dengan kesimpulan The Big Five Personality memiliki pengaruh signifikansi sebesar 54,0 % terhadap Organization Commitment, adapun 46,0 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Mikhriani, M.M.
Uncontrolled Keywords: The Big Five Personality, Organization Commitment, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Apr 2018 07:49
Last Modified: 20 Apr 2018 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29863

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum