MANAJEMEN PENGAWASAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN MANASIK HAJI OLEH KEMENTERIAN AGAMA KULONPROGO PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) KABUPATEN KULONPROGO TAHUN 2017

INDEL, NIM. 14240004 (2018) MANAJEMEN PENGAWASAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN MANASIK HAJI OLEH KEMENTERIAN AGAMA KULONPROGO PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) KABUPATEN KULONPROGO TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGAWASAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN MANASIK HAJI OLEH KEMENTERIAN AGAMA KULONPROGO PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) KABUPATEN KULONPROGO TAHUN 2017)
14240004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGAWASAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN MANASIK HAJI OLEH KEMENTERIAN AGAMA KULONPROGO PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) KABUPATEN KULONPROGO TAHUN 2017)
14240004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Indel, 14240004 dengan judul skripsi, Manajemen Pengawasan Dalam Pelaksanaan Program Bimbing Manasik Haji oleh Kementerian Agama Kulonprogo pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang terdaftar di Kabupaten Kulonprogo tahun 2017. Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Masyarakat muslim Indonesia dalam menunaikan ibadah haji belakangan tahun ini cenderung mengalami peningkatan, hal ini ditandai dengan semakin bervariasi profil calon jamaah haji, latar belakang calon jamaah haji dan sebagian besar dari perdesaan, dengan pendidikan yang rendah, lanjut usia, pemahaman agama yang kurang mumpuni, ditambah dengan calon jamaah haji yang baru pertama kali menunaikan ibadah haji. Manajemen pengawasan berperan sangat penting agar suatu aktivitas tidak terjadi penyelewengan dan kesenjangan antara rencana dan realisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses manajemen pengawasan dalam pelaksanaan program bimbingan manasik haji oleh Kemenag Kulonprogo pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang terdaftar di Kabupaten Kulonprogo tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari narasumber dan subyek yang diamati. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses manajemen pengawasan yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulonprogo yang meliputi dari penetapan standar pelaksanaan, penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran pelaksanaan kegiatan, pembandingan pelaksanaan dengan standar dan analisa penyimpangan, dan pengambilan tindakan koreksi bila diperlukan, sudah terlaksana cukup baik, karena dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji yang dilaksanakan oleh KBIH yang ada di Kabupaten Kulonprogo tidak ada penyimpangan dan penyelewengan dalam pelaksanaan bimbingan manasik antara rencana dan realisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Manajemen ibadah haji
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Apr 2018 01:50
Last Modified: 20 Apr 2018 01:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29866

Actions (login required)

View Item View Item