UPAYA PENINGKATAN SPIRITUALITAS NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II B YOGYAKARTA TAHUN 2017-2018

YULIA KHOERUNNISA, NIM. 14240007 (2018) UPAYA PENINGKATAN SPIRITUALITAS NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II B YOGYAKARTA TAHUN 2017-2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN SPIRITUALITAS NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II B YOGYAKARTA TAHUN 2017-2018)
14240007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN SPIRITUALITAS NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II B YOGYAKARTA TAHUN 2017-2018)
14240007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Yulia Khoerunnisa, 14240007 dengan judul skripsi "Upaya Peningkatan Spiritualitas Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Yogyakarta Tahun 2017-2018". Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Februari 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya kasus kriminalitas yang dilakukan oleh perempuan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, sangat penting Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Yogyakarta untuk mengadakan suatu kegiatan dan pembinaan dakwah yang akan meningkatkan spiritualitas narapidana. Sehingga setelah selesainya masa hukuman, perempuan yang telah melakukan tindakan kriminal, kembali ke masyarakat bisa diterima dengan baik, kecenderungan melakukan ulang kejahatan dapat terminimalisir, dan dapat mengimplementasikan semangat spiritual yang telah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, maka dilakukan reduksi data, kemudian data tersebut di display dan dijadikan sebuah kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya peningkatan spiritualitas narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Yogyakarta terlaksana dengan efektif. Kegiatan seperti majelis dzikir, sholat jamaah, mendengarkan siraman rohani, membaca dan mengamalkan Al-Qur’an, merupakan beberapa kegiatan yang memiliki efek paling dominan dalam peningkatan spiritualitas. Peningkatan tersebut dilalui dengan jalan tugas, jalan pembinaan, jalan perubahan pribadi, jalan persaudaraan, serta jalan dakwah dengan kepemimpinan. Langkah yang di jalani yaitu dengan menentukan terlebih dahulu belenggu hati dan titik ketuhanan untuk pemurnian serta penjernihan hati dan kesadaran diri dengan keikhlasan untuk terus memperbaiki diri. Hasil dari peningkatan spiritualitas tersebut sebagai gambaran sikap baik terhadap diri sendiri, mampu menjalin relasi dengan sesama manusia (Habluminannas), hubungan dengan Allah SWT (Habluminallah), serta dengan lingkungan (Habluminalaalam), memiliki motivasi menjadi lebih baik, taat norma, hukum, adat, agama juga negara. Selain itu, dalam penelitian ditemukan juga faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan spiritualitas, diantaranya faktor pendukung dan faktor penghambat peningkatan spiritualitas narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas, Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:51
Last Modified: 23 Apr 2018 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum