UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL (STUDI SIKAP MAHASISWA PRODI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA ANGKATAN 2012)

ENDAH SRI RAHAYU, NIM. 12210039 (2017) UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL (STUDI SIKAP MAHASISWA PRODI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA ANGKATAN 2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL (STUDI SIKAP MAHASISWA PRODI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA ANGKATAN 2012))
12210039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL (STUDI SIKAP MAHASISWA PRODI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA ANGKATAN 2012))
12210039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan media sosial yang semakin hari semakin pesat, telah membawa manusia pada titik dimana tidak bisa lepas dari penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Media sosial sudah bukan hanya menjadi gaya hidup saja, tetapi sudah menjadi kebutuhan. Memang banyak hal positif yang didapatkan dengan adanya sosial media, namun ada juga dampak negatif sosial media yang perlu diwaspadai. Salah satunya ujaran kebencian yang saat ini sedang marak di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam terhadap Ujaran Kebencian di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh adalah data primer dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis tabulasi sederhana. Peneliti juga menggunakan bantuan Program SPSS versi 16.0 dan Microsoft Excel guna mempermudah pengolahan data, serta menggunakan Google Form untuk membantu sebaran angket kepada para responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat sikap cukup positif mahasiswa terhadap ujaran kebencian di media sosial. Sikap mahasiswa terhadap ujaran kebencian menunjukkan sikap positif. Mahasiswa setuju bahwa pengetahuan tentang ujaran kebencian perlu disosialisasikan dan mahasiswa merasa terganggu dengan adanya konten yang berisi ujaran kebencian di media sosial. Pengetahuan mahasiswa mengenai ujaran kebencian tinggi, sikap cukup positif pada komponen kognitif, sikap negatif pada komponen afektif dan sikap positif pada komponen konatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H Akhmad Rifai, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: Sikap, Ujaran Kebencian, Media Sosial.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Apr 2018 06:49
Last Modified: 20 Apr 2018 06:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29873

Actions (login required)

View Item View Item